Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melatih Mata Supaya Tetap Fokus Mengemudi

Kompas.com - 21/05/2019, 14:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian tubuh yang paling cepat lelah saat mengemudi jauh adalah mata. Karena itu perlu cara yang lebih spesifik untuk melatih mata supaya tetap fokus sepanjang perjalanan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, mata harus tetap distimuli agar tetap fokus. Sebab tidur dan istirahat saja tak cukup menjaga mata agar tidak bosan selama mengemudi.

Baca juga: Cegah Keletihan saat Mudik, Pakai 3 Jurus Ini

"Agar tidak cepat bosan selalu gerakan mata setiap 2 detik sekali dan cek spion setiap 8 detik sekali. Juga isi perjalanan dengan obrolan dengan penumpang agar terhindar dari rasa bosan. Kalau sudah terlalu membosankan berhenti di rest area terdekat," kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk itu kata Marcell sangat berguna memiliki teman perjalanan yang kooperatif. Bahkan lebih baik lagi jika dalam perjalanan tidak hanya satu orang yang bisa mengemudi, sehingga bisa bergantian menyetir.

"Usahakan miliki tandem bila harus mengemudi dengan waktu tempuh lebih dari 6 jam," kata Marcell.

Baca juga: Waspadai Micro Sleep dan ABS saat Perjalanan jauh

Marcell mengatakan, kemampuan tiap orang untuk fokus berkendara berbeda-beda. Namun menurut studi seseorang dilarang mengemudi lebih dari 8 jam secara terus menerus, karena sudah di luar batas kemampuan fisik manusia normal.

"Wajib untuk melakukan istirahat setiap 2 jam sekali, serta setiap 4 jam wajib tidur sekitar 10 sampai 15 menit agar badan segar kembali. Tapi sebelum melakukan perjalanan jauh usahakan tidur terlebih dahulu minimal 45 menit," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com