Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Baru Mitsubishi Tekankan Kerjasama Aliansi

Kompas.com - 21/05/2019, 13:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motor Corp (MMC) telah mengumumkan Takao Kato sebagai CEO baru mereka. Kato yang merupakan Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) akan mulai menjabat Juni mendatang.

Dalam perkenalannya di Tokyo, Jepang, Senin (21/5/2019), Kato mengungkapkan dirinya akan tetap mempertahankan kerja sama dengan aliansi Nissan Renault. Ini dilakukan untuk menghadapi industri otomotif yang bergerak cepat.

“Saya berharap dapat meningkatkan kompetisi di industri dengan menggunakan aliansi dan fokus pada strategi bersama. Saya akan meningkatkan usaha untuk mencapai pengembangan pasar yang stabil,” ucap Kato dalam konferensi pers perkenalan dirinya.

Hadirnya Kato tidak membuat CEO sebelumnya Osamu Masuko kehilangan tempat. Masuko yang berusia 70 tahun masih akan aktif sebagai dewan direksi dan menjadi penghubung untuk bernegosiasi bersama Nissan dan Renault.

Baca juga: Bos Mitsubishi Indonesia Ditunjuk Pimpin Prinsipal Global

Masuko akan menjadi wakil Mitsubishi di aliansi bersama CEO Nissan Hiroto Saikawa, Renault CEO Thierry Bollore dan Chairman Renault Jean Dominique Senard. Penggantian Masuko ke Kato akan dilakukan 21 Juni mendatang bersama dengan rapat pemegang saham yang rencananya juga akan melengserkan Carlos Ghosn dari jabatan direktur.

Kato yang memimpin MMKI sejak April 2015 mengungkapkan saat ini tantangan besar dari Mitsubishi Motors adalah bagaimana menangani transisi di industri otomotif dengan menghadirkan kendaraan yang memiliki teknologi konektivitas, pengendalian otonom, sistem berbagi kendaraan dan kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com