Umur Sistem Power Steering Tergantung Cara Berkendara

Kompas.com - 21/05/2019, 03:32 WIB
Mengemudi ke Giethoorn, Belanda. ARYA DARU PANGAYUNANMengemudi ke Giethoorn, Belanda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Power steering menjadi salah satu fitur utama pada sebuah mobil untuk menunjang kenyamanan berkendara. Sistem power steering perlu dijaga agar tetap bisa bekerja secara optimal.

Untuk itu, cara mengemudi juga berpengaruh terhadap performa sistem power steering. Ada beberapa kebiasaan berkendara yang perlu dihindari agar power steering tidak cepat rusak, seperti menghindari jalan yang rusak dan juga banjir.

Baca juga: Kemudi Mobil Terasa Berat, Cek Empat Komponen Berikut

Permukaan jalan yang rusak, tidak rata, atau bahkan berlubang bisa memberikan guncangan yang keras pada as dan rack steer. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen power steering.

"Jalanan yang rusak terkadang tidak bisa kita hindari. Satu-satunya cara adalah melewatinya secara perlahan dan hati-hati, tidak dengan mengebut," ujar Bambang Supriyadi, Head Product Improvement / EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Begini Posisi Tangan yang Benar saat Memegang Lingkar Kemudi

Setiap komponen mobil yang terkena banjir beresiko mengalami kerusakan. "Untuk HPS (Hydraulic Power Steering, asalkan silnya tidak rusak, maka tidak masalah untuk melewati banjir. Untuk itu, perlu diperiksa secara rutin bagian silnya," ucap Bambang.

Lalu untuk EPS (Electronic Power Steering), tentu perlu diperhatikan bahwa ada komponen listrik yang terpasang di area kemudi dan kaki-kaki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X