Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Penurunan di Awal Tahun, Mitsubishi Tetap Optimistis

Kompas.com - 20/05/2019, 16:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pasar otomotif Indonesia menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dikatakan mengalami penurunan. Dari data mereka, penurunan Januari sampai April tahun ini dibandingkan waktu yang sama tahun lalu berkisar 12 sampai 13 persen.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga merasakan hal serupa. Namun menurut Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro penurunan ini sesuatu yang biasa dialami setiap tahun.

“Secara natural bulan sebelumnya tinggi, nanti akan sedikit melambat, nanti normal lagi,” ucap Irwan yang ditemui Jumat (17/5/2019).

Dari catatan Gaikindo, Mitsubishi mencatatkan angka 10.076 unit April 2019. Pada Maret jumlah jualan merek berlambang tiga berlian itu mencapai 13.164 unit secara wholesale.

Baca juga: Mitsubishi Berusaha Rangsang Pasar Xpander dan Pajero Sport

Terkait hal ini, Irwan mengingatkan Mitsubishi menggunakan periode fiskal year untuk pembukuannya. Pihaknya akan mendorong penjualan pada Desember atau akhir tahun.

Irwan juga mengungkapkan momen Lebaran ini diharapkan dapat mendorong penjualan Mitsubishi. Termasuk hasil penjualan pada pameran IIMS 2019 lalu yang tergolong memuaskan.

Penjualan kami di IIMS saja lebih dari 3.000-an unit, itu artinya sudah bisa dibilang hampir 30 persen dari regular sales kami. Jadi ada peningkatan yang cukup signifikan,” ucap Irwan.

Irwan mengungkapkan pihaknya masih meyakini target 140.000-an unit akan tercapai dalam satu tahun. Angka ini dianggap stabil, seperti di tahun sebelumnya.

“Kuartal pertama itu memang sedikit rendah, tapi di kuartal berikutnya akan naik, apalagi ada momentum Lebaran,” ucap Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com