Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Listrik Siap Layani Trayek Semarang-Yogyakarta

Kompas.com - 18/05/2019, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain TransJakarta, ternyata bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) sudah dilirik beberapa operatur bus di luar Jakarta. Bahkan sudah ada yang menunggu keran pemesanan di buka yang rencananya akan dilakukan setelah proses produksi massal berlangsung.

Menurut Staf Manajemen PT MAB Kelik Irwantono, bus listrik MAB sudah mendapat perhatian dari beberapa perusahaan otobus di Indonesia, terutama  Jakarta dan Yogyakarta. Bus berteknologi ramah lingkungan ini rencananya menyasar sebagai sarana transportasi antar kota.

"Selain Jakarta sudah ada minat dari operator di Yogyakarta, bahkan operator tersebut sedang proses mengajukan trayek agar bisa segera mengarmadakan bus MAB," kata Kelik saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Usai Lebaran, Bus Listrik Anak Bangsa Siap Produksi Massal

Walau belum bisa membocorkan operator apa yang dimaksud, namun Kelik menjelaskan, bila nantinya bus listrik MAB akan digunakan sebagai moda transportasi yang menghubungkan akses Semarang-Yogyakarta.

Bus Listrik milik PT Mobil Anak Bangsa.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Bus Listrik milik PT Mobil Anak Bangsa.

Ketika ditanya kapan akan mulai beroperasi, Kelik hanya menjelaskan bila diperkirakan masih beberapa bulan lagi, hal ini lantaran sampai saat ini MAB juga masih menunggu proses perizinan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Seperti yang saya bilang kemarin, kita sudah final jadi dari tahap teknis sudah final, namun dari administrasi ini kita juga masih tunggu hasil uji layak dan tipe dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ucap Kelik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com