Materi dan Pelatihan GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia

Kompas.com - 17/05/2019, 16:02 WIB
GS Trophy Foto: Peter Musch/Brake-magazineGS Trophy

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad akan menyelenggarakan babak kualifikasi lokal bernama GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia pada 27 juli 2019. Namun sebelum itu akan didahulukan dengan kelas pelatihan supaya lebih siap.

Pelatihan terbuka untuk peserta amatir dan profesional baik pria dan wanita. Pelatihan untuk kelas Intermediate dibuka dua kali yaitu pada 15 dan 22 Juni 2019. Sedangkan untuk kelas Advance hanya sekali yakni pada 7 Juli 2019.

Baca juga: BMW Motorrad Gelar Kualifikasi GS Trophy 2020 di Sentul

Lantas berapa biaya ikut pelatihan ini?

"Untuk Intermediate biayanya Rp 1 juta per orang maksimum 20 orang. Bisa pakai motor pribadi, tapi kalau tidak ada kita sediakan G310GS, sistem sewa Rp 2 juta. Sedangkan untuk Advance Rp 1,2 juta dan sewa motor sama Rp 2 juta," kata Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia, Kamis (16/5/2019).

Pelatihannya pun tidak sembarangan. Tiap peserta akan dipandu oleh Immanuel Pratna, Head of Instructor BMW Motorrad Indonesia bersertifikat, yang juga berprofesi sebagai pebalap internasional asal Indonesia.

BMW Motorrad GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia.Foto: Yudi Atmaja BMW Motorrad GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia.

Joe Frans mengatakan pelatihan ini cukup penting sebab nanti saat kualifikasi peserta dihadapkan dengan rintangan yang cukup sulit. Tiap tantangan harus diselesaikan agar lulus babak kualifikasi jika ingin melanjutkan ke Malaysia.

Baca juga: BMW Motorrad Masih Pikir-pikir Ikut GIIAS 2019

Adapun juri yang disebut dengan Marshall terdiri dari Imanuel Pratna, Budi Irawan sebagai perwakilan dari Pusdiklantas Polri, Joel Mastana sebagai perwakilan IMI, dan Wisnu Gareng, jurnalis senior yang pernah mencicipi enduro park di Hechlingen.

"Setelah pelatihan mereka ikut kualifikasi Indonesia. Pemenangnya kita berangkatkan ke kualifikasi tingkat ASEAN di Malaysia. Biayanya dari kita. Kalau menang di Malaysia tahun depan ke GS Trophy 2020 di Selandia baru, biayanya dari BMW Jerman," kata Joe.

Materi pelatihan dan pertandingan mencakup:

1.Get dressed and start the GS (TC)
2.Stand Up and Pull Away
3. Parallel Logs (TC)
4.Garge
5. Riding On a Log
6. Breaking and parking on Side Stand
7.Slalom (TC)
8.Balancing GS with engine running (TC)
9.Slow race (TC)
10. Sand or Gravel or Water crossing (TC)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X