Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudik Ceria dan Aman dari Pak Polisi

Kompas.com - 17/05/2019, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran merupakan peristiwa khusus yang dilakukan sekali setahun. Tak heran jika jutaan pemudik menyempatkan waktu dan tenaga untuk pulang ke kampung halaman walau harus menempuh jarak jauh dan macet.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin memberikan tips untuk pengendara mobil yang akan mudik Lebaran 2019. Sebab mobil berbeda dengan motor, jika sudah terkena macet mobil tidak bisa kemana-mana apalagi jika sedang di tol.

"Pertama yaitu sebelum berangkat isi bensin penuh. Jangan isi bensin ketika di rest area. Kenapa, tujuannya untuk menjaga tidak terjadi penumpukan di rest area, dan supaya stok BBM di rest area tidak cepat habis," kata Kombes Pol Benyamin kepada Kompas.com.

Baca juga: 14,9 Juta Unit Kendaraan Akan Mudik Tinggalkan Jakarta 

Benyamin menambahkan, jika di tol bensin hampir habis dan rest area atau SPBU masih jauh jangan paksakan mobil sampai tempat tujuan, lebih baik keluar dari tol ke jalan biasa atau jalan nasional dan cari SPBU terdekat.

"Jangan paksakan harus isi bensin di rest area. Keluar saja dari tol, cari SPBU di jalan biasa, banyak, jangan takut keluar tol, gerbang tol sekarang sudah banyak. Justru bisa jadi hiburan tersendiri cari makan di jalan biasa , kemudian baru balik ke tol," katanya.

Baca juga: Potensi Bahaya saat Istirahat Mudik di Dalam Kabin Mobil

Tips lain yaitu jangan lupa bawa makanan kecil, serta keperluan-keperluan lain yang dirasa dibutuhkan saat di dalam mobil, termasuk tempat buang air kecil jika suatu saat terjebak macet dan tidak menemukan toilet.

"Kemudian kalau bisa jangan di dalam satu mobil hanya satu orang saja yang menyetir. Sebaiknya selain sang Ayah, ada anaknya atau istri yang bisa bergantian. Kenapa, karena selepas macet orang biasanya sudah lelah. Itu berbahaya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com