Pentingnya Stabilizer Rantai pada Sepeda Motor

Kompas.com - 17/05/2019, 11:42 WIB
Stabilizer rantai pada sepeda motorHonda Stabilizer rantai pada sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu keunggulan dari sepeda motor trail adalah tangguh untuk dikendarai di medan off-road yang sulit. Namun, berkendara di jalur off-road memiliki rintangan yang berbeda dan cukup ekstrim.

Untuk itu, motor trail dibekali dengan part yang cukup penting, yaitu, stabilizer rantai atau slider rantai. Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menjelaskan fungsi dari stabilizer rantai untuk menghindari rantai geser atau terlepas jika kendur.

Baca juga: Cara Baca Kode Gir dan Rantai Agar Tak Salah Beli

"Jadi, fungsinya adalah menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Pemakaian di medan off-road kan guncangannya sangat ekstrim. Selain itu, jarak main swing arm juga jauh untuk motor trail," jelas Rendra, saat ditemui Kompas.com, belum lama ini.

Fungsi lain dari stabilizer rantai ini adalah untuk membersihkan rantai saat kotor terkena lumpur. Rantai yang penuh dengan lumpur atau tanah dapat mempengaruhi performa motor.

Baca juga: Ketahui Waktu yang Tepat Ganti Gir dan Rantai

Rendra menambahkan, stabilizer rantai bisa juga digunakan untuk motor-motor yang digunakan di jalan raya. "Motor biasa bisa dipasangkan, tapi kalau motor biasa dengan pemakaian di jalan raya kan enggak ekstrim seperti di off-road," kata Rendra.

Stabilizer rantai pada motor biasa juga dapat berfungsi untuk menjaga rantai tetap pada jalurnya. Selain itu, bisa menekan rantai yang kendur agar tetap stabil.




Close Ads X