Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik, Periksa Lagi Kelayakan Komponen Berikut Ini

Kompas.com - 16/05/2019, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya tol Trans Jawa, diprediksi akan lebih banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Tapi sebelum mudik, hendaknya memeriksa kembali kelayakan kendaraan yang akan dipakai.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), menganjurkan kepada para pemilik kendaraan yang sudah tidak mendapat paket perawatan rutin di bengkel resmi untuk memeriksakan mobil mereka. Khususnya untuk bagian seputar mesin, kelistrikan, rem, dan ban.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Matik, Pelajari Fungsi Tuas Transmisinya

"Untuk mesin, diperiksa olinya, filter oli, filter udara, air pendingin radiator, dan juga tali kipasnya. Sementara untuk kelistrikan, dapat diperiksa kondisi pengisian aki, air aki, hingga lampu-lampu," jelas Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, untuk bagian pengereman, hendaknya pemilik mobil memeriksa kondisi minyak rem, ketebalan kanvas rem, dan periksa kondisi ban, termasuk ban serep. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kopling untuk mobil manual.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta buat Dipakai Mudik

Agar perjalanan mudik tetap nyaman, Didi juga mengingatkan untuk mengganti filter bensin di kelipatan 80.000 KM.

"Kalau mobil diesel, harus diganti saat indikator menyala. Lalu, yang tak kalah penting, periksa motor fan pendingin apabila sudah kelipatan 80.000-100.000 KM, karena ada potensi arang brush-nya sudah tipis," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com