Sebelum Mudik, Periksa Lagi Kelayakan Komponen Berikut Ini

Kompas.com - 16/05/2019, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya tol Trans Jawa, diprediksi akan lebih banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Tapi sebelum mudik, hendaknya memeriksa kembali kelayakan kendaraan yang akan dipakai.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), menganjurkan kepada para pemilik kendaraan yang sudah tidak mendapat paket perawatan rutin di bengkel resmi untuk memeriksakan mobil mereka. Khususnya untuk bagian seputar mesin, kelistrikan, rem, dan ban.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Matik, Pelajari Fungsi Tuas Transmisinya

"Untuk mesin, diperiksa olinya, filter oli, filter udara, air pendingin radiator, dan juga tali kipasnya. Sementara untuk kelistrikan, dapat diperiksa kondisi pengisian aki, air aki, hingga lampu-lampu," jelas Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, untuk bagian pengereman, hendaknya pemilik mobil memeriksa kondisi minyak rem, ketebalan kanvas rem, dan periksa kondisi ban, termasuk ban serep. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kopling untuk mobil manual.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta buat Dipakai Mudik

Agar perjalanan mudik tetap nyaman, Didi juga mengingatkan untuk mengganti filter bensin di kelipatan 80.000 KM.

"Kalau mobil diesel, harus diganti saat indikator menyala. Lalu, yang tak kalah penting, periksa motor fan pendingin apabila sudah kelipatan 80.000-100.000 KM, karena ada potensi arang brush-nya sudah tipis," ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.