Cek Aki Sebelum Sepeda Motor Ditinggal Mudik

Kompas.com - 16/05/2019, 07:42 WIB
Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baikkompas.com Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan puasa tak bisa lepas dari tradisi mudik. Banyak yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan perjalanan mudik. Salah satunya adalah meninggalkan sepeda motor di rumah dalam waktu berhari-hari.

Sebelum meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan mudik, motor sebaiknya dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu. Pasalnya, kotoran dapat menyebabkan terjadinya karat jika dibiarkan terlalu lama.

Baca juga: Perhatikan Kebersihan Motor Sebelum Ditinggal Mudik

Selain kebersihannya, Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengimbau untuk melepas aki dari motor.

"Jika perginya lama, sekitar satu atau dua minggu, disarankan untuk melepas aki dari motor. Kalau dipasang nanti listrik dari aki akan terus tersedot," jelas Rendra, saat ditemui Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pilih Asuransi Mobil yang Tepat buat Mudik Lebaran

Jika aki sudah dilepas, jangan lupa untuk menyimpannya pada tempat dengan suhu ruang plus ventilasi udara yang baik. Tapi jika tidak ingin melepasnya, Rendra juga menyarankan untuk minimal melepas terminal negatif dari aki.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X