Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Klaim Asuransi Mobil Meningkat

Kompas.com - 16/05/2019, 07:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang musim mudik lebaran 2019, lonjakan premi asuransi rupanya tidak dirasakan oleh perusahan asuransi. Justru sebaliknya, nasabah asuransi berlomba mengajukan klaim kendaraan mereka.

Laurentius Iwan, Marketing Communication & PR Manager Garda Oto, mengatakan, satu bulan sebelum masuk bulan Ramadhan biasanya jumlah klaim nasabah mulai meningkat 5-6 persen, dan akan terus meningkat setelah Lebaran.

"Pengajuan asuransi sih standar yang banyak justru pengajuan klaim. Biasanya dekat-dekat gini dari bulan kemarin sudah mulai terlihat kenaikannya walaupun belum drastis," kata Iwan di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Boleh Klaim Asuransi Mobil Pribadi untuk Taksi "Online"?

Iwan mengatakan, kenaikan jumlah klaim asuransi mobil yang meningkat jelang Ramadhan karena nasabah ingin mobilnya tampil seperti baru saat dipakai Lebaran.

"Sebetulnya banyak orang ngeklaim waktu puasa karena apa, karena mereka mau mudik tapi kepengen mobilnya sudah bagus. Jadi yaudah mereka masukin asuransi, toh memang masih kena cover jadi sekalian dirapihin semua," katanya.

"Nanti akan besar lagi setelah mudik, bisa naik 20-30 persen dibandingkan rata-rata klaim normal bulanan. Karena saat mereka pulang mudik ada saja kan, mobilnya kena serempet dan lain-lain. Sebel ngeliatnya jadi masukin lagi ke asuransi," kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com