Jelang Lebaran, Klaim Asuransi Mobil Meningkat

Kompas.com - 16/05/2019, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang musim mudik lebaran 2019, lonjakan premi asuransi rupanya tidak dirasakan oleh perusahan asuransi. Justru sebaliknya, nasabah asuransi berlomba mengajukan klaim kendaraan mereka.

Laurentius Iwan, Marketing Communication & PR Manager Garda Oto, mengatakan, satu bulan sebelum masuk bulan Ramadhan biasanya jumlah klaim nasabah mulai meningkat 5-6 persen, dan akan terus meningkat setelah Lebaran.

"Pengajuan asuransi sih standar yang banyak justru pengajuan klaim. Biasanya dekat-dekat gini dari bulan kemarin sudah mulai terlihat kenaikannya walaupun belum drastis," kata Iwan di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Boleh Klaim Asuransi Mobil Pribadi untuk Taksi "Online"?

Iwan mengatakan, kenaikan jumlah klaim asuransi mobil yang meningkat jelang Ramadhan karena nasabah ingin mobilnya tampil seperti baru saat dipakai Lebaran.

"Sebetulnya banyak orang ngeklaim waktu puasa karena apa, karena mereka mau mudik tapi kepengen mobilnya sudah bagus. Jadi yaudah mereka masukin asuransi, toh memang masih kena cover jadi sekalian dirapihin semua," katanya.

"Nanti akan besar lagi setelah mudik, bisa naik 20-30 persen dibandingkan rata-rata klaim normal bulanan. Karena saat mereka pulang mudik ada saja kan, mobilnya kena serempet dan lain-lain. Sebel ngeliatnya jadi masukin lagi ke asuransi," kata Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.