Jasa Marga Siapkan Puluhan Titik "Top Up" di Tol Trans Jawa

Kompas.com - 15/05/2019, 07:42 WIB
IlustrasiKONTAN/BAIHAKI HAKIM Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prediksi meningkatnya pengguna tol di musim mudik tahun ini, membuat pemerintah dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, benar-benar memastikan kesiapannya. Beberapa hal menjadi pusat perhatian, mulai dengan pemindahan transaksi tol di Cikarang Utama ke Cikampek Utama, sampai penambahan titik pengisian saldo untuk kartu elektronik.

Meski belum menyebutkan secara detail lokasinya ada di mana saja, namun menurut Corpirate Communications Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti, akan ada puluhan titik pengisian saldo yang tersebar di sepanjang Tol Trans Jawa.

"Ada 75 titik top up di Gerbang Tol dan kami tambah dengan 33 layanan gerak di tempat-tempat rest area, untuk detailnya nanti akan ada infografis," ucap Irra saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa

Meski ada fasilitas pengisian saldo atau top up di sepanjang gerbang dan rest area, namun Irra menyarankan pemudik agar mengisi lebih dulu saldo uang elektroniknya sebelum melakukan perjalanan. Pengisian bisa dilakukan dengan menyesuaikan tarif dengan lokasi tujuan.

Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com) Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Selain itu, meski saat ini kartu elektronik sudah ada beragam, Irra menjelaskan agar pemudik untuk tetap menggunakan satu kartu saat bertransaksi. Hal ini lantaran sistem pembayaran di tol akan menggunakan metode pembayaran tertutup.

"Transaksi di tol akan menggunakan sistem pembayaran tertutup menggunakan satu uang elektronik yang sama. Artinya saat tapping di gerbang masuk dan melakukan pembayaran di gerbang keluar harus menggunakan kartu yang sama," ucap Irra.



Terkini Lainnya


Close Ads X