Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roof Box Punya Sifat Universal

Kompas.com - 14/05/2019, 17:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mudik Lebaran, tentu barang-barang yang dibawa banyak jumlahnya. Untuk menghemat ruang di kabin, trik paling jitu adalah menyimpan barang bawaan dengan menggunakan roof box.

Meski kelihatannya sama semua, namun pemilihan roof box juga tidak bisa asal. Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade, produsen Whale Carrier, turut berbagi tips memilih roof box yang benar.

Baca juga: Pilihan Roof Box buat Mudik Lebaran

Menurut Halley, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih roof box. Hal yang pertama adala menyesuaikan roof box dengan jenis mobil dan kebutuhannya.

"Kedua, pastikan material yang digunakan roof box adalah ABS original, karena ABS original lentur, kuat, dan tidak mudah pecah," ujar Halley, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Plastik ABS juga lebih tahan terhadap perubahan cuaca atau iklim. Selain itu, pastikan roox box sudah dilapisi dengan lapisan anti UV. Hal ini bertujuan untuk menjaga roof box tidak mudah kering dan pecah-pecah.

Baca juga: Waspada, Arus Mudik Sistem Satu Arah Rawan Kecelakaan

Halley menambahkan, hal yang terakhir perlu diperhatikan adalah sistem penguncian. Pilih roof box dengan sistem penguncian tiga titik di masing-masing sisi, sehingga lebih safety.

Sementara untuk modelnya, Halley mengatakan bahwa roof box itu sebenernya universal, tidak ada patokan khusus mobil A harus pake roof box A. Pemilihan tipe dan ukuran roof box bisa disesuaikan selera dan kebutuhan pengguna.

"Biasanya semakin besar ukuran mobil, akan semakin besar juga ukuran roof box yang dipakai," kata Halley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com