Pasang Cross Bar Untuk Persiapan Mudik, Perhatikan 3 Hal Berikut

Kompas.com - 14/05/2019, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, banyak warga yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman menggunakan mobil. Untuk bisa menghemat ruang di kabin, banyak yang memilih untuk menaruh barang di bagian atap menggunakan roof box.

Namun, sebelum menggunakan roof box, pemilik mobil disarankan untuk memasang cross bar atau roof bar terlebih dahulu. Tujuannya agar pemasangan roof box bisa optimal dan lebih aman.

Baca juga: Pilihan Roof Box buat Mudik Lebaran

Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade, produsen Whale Carrier di Indonesia, berbagi tips untuk memilih cross bar. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan memasang cross bar.

"Pertama, sesuaikan cross bar dengan jenis atap mobil. Kedua, perhatikan kekuatan atap mobil masing-masing pabrikan," ujar Halley, saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Sebelum Berangkat Mudik, Periksa Lima Komponen Ini

Cross bar yang ada di pasaran bermacam-macam, maka itu perlu diperhatikan kekuatan atap mobil. Jangan sampai memasang cross bar yang ada di luar kapasitas atap mobil.

Halley menambahkan, hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah memastikan pemasangan cross bar sudah benar-benar kuat dan presisi. Cross bar harus bisa menahan guncangan dan juga saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.