Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Cross Bar Untuk Persiapan Mudik, Perhatikan 3 Hal Berikut

Kompas.com - 14/05/2019, 16:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, banyak warga yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman menggunakan mobil. Untuk bisa menghemat ruang di kabin, banyak yang memilih untuk menaruh barang di bagian atap menggunakan roof box.

Namun, sebelum menggunakan roof box, pemilik mobil disarankan untuk memasang cross bar atau roof bar terlebih dahulu. Tujuannya agar pemasangan roof box bisa optimal dan lebih aman.

Baca juga: Pilihan Roof Box buat Mudik Lebaran

Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade, produsen Whale Carrier di Indonesia, berbagi tips untuk memilih cross bar. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan memasang cross bar.

"Pertama, sesuaikan cross bar dengan jenis atap mobil. Kedua, perhatikan kekuatan atap mobil masing-masing pabrikan," ujar Halley, saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Sebelum Berangkat Mudik, Periksa Lima Komponen Ini

Cross bar yang ada di pasaran bermacam-macam, maka itu perlu diperhatikan kekuatan atap mobil. Jangan sampai memasang cross bar yang ada di luar kapasitas atap mobil.

Halley menambahkan, hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah memastikan pemasangan cross bar sudah benar-benar kuat dan presisi. Cross bar harus bisa menahan guncangan dan juga saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com