Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Mobil, Pengemudi Juga Perlu Disiapkan untuk Mudik

Kompas.com - 14/05/2019, 16:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik jadi kegiatan yang dinantikan warga Ibukota di bulan Ramadan saat ini. Banyak yang mengandalkan transportasi umum untuk kembali ke kampung halaman, tidak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan mobil pribadi.

Persiapan untuk kendaraan sangat diperlukan namun ada yang perlu juga diperhatikan. Menurut Head Product Improvement / EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) , Bambang Supriyadi, faktor manusa juga perlu diperhatikan.

“Mudik itu perjalanan panjang, orangnya juga harus dipersiapkan. Artinya dia juga sudah siap kondisi fisik. Jangan sampai berangkat mudik, tanpa istirahat yang cukup,” ucap Bambang saat ditemui beberapa waktu lalu.

Selain pengemudinya, Bambang juga menyarankan untuk anggota keluarga yang dibawa juga perlu mempersiapkan kebutuhannya. Ini agar tidak ada kesulitan dalam hal kebutuhan selama perjalanan mudik.

Baca juga: Mau Sewa Mobil untuk Mudik, Ini Perkiraan Biayanya

“Misalnya bawa anak-anak, harus diperhatikan berbagai kesukaannya. Entah dibawakan mainan favorit atau lainnya. Perjalanan enam jam atau lebih anak-anak bisa rewel. Kalau anak rewel psikis sopir akan ikut capek,” ucap Bambang.

Bagi pengemudi disarankan untuk tidak ragu-ragu menepikan mobilnya jika sudah dilanda lelah. Bambang menyarankan untuk memilih tempat yang aman seperti rest area, masjid atau SPBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com