Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa

Kompas.com - 14/05/2019, 11:42 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H 7 Lebaran. KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZESSuasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H 7 Lebaran.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Trans Jawa diperkirakan akan menjadi salah satu lintasan favorit yang bakal banyak digunakan pemudik pada Lebaran kali ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa langkah strategis sudah diterapkan oleh pemerintah.

Pertama mengenai kebijakan satu arah mulai dari Cikarang Utama sampai Brebes Barat yang akan diterapkan selama empat hari mulai 30 Mei mendatang. Setelah itu ada juga kebijakan ganjil-genap di Pelabuhan Merah sebagai upaya mencegah kepadatan volume kendaraan pribadi.

Sementara agar tidak ada penumpukan selama di jalan tol, terutama di tempat-tempat perisitirahatan, menurut Kasub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso, pemerintah akan melakukan pengaturan serta menambah fasilitas.

Joko mengatakan ada dua sumber kenapa rest area kerap penuh dan menimbulkan kepadatan saat Lebaran, yakni karena anteran toilet serta banyak orang tidak menyiapkan saldo uang elektronik (e-money, e-toll dan lain sebagainya).

Baca juga: Resmi, Mudik Lebaran Kemenhub Terapkan Satu Arah Sampai Brebes

"Pelajaran kami dari tahun sebelumnya, ternyata banyak orang mampir ke rest area untuk mengisi saldo e-Toll, untuk toilet terutama wanita itu sering menyebabkan antrean panjang, karena itu kami akan menambah jumlahnya. Untuk uang elektronik ada baiknya disiapkan sedari dini untuk mencegah ha-hal yang tidak diinginkan," kata Joko beberapa waktu lalu.

Nah, seperti diketahui Tol Trans Jawa sendiri sudah resmi beroperasi secara komersial, artinya dari Merak hingga Probolinggo sudah berbayar penuh. Agar tidak lupa, baiknya pemudik yang ingin melintasi tol sepanjang 965 kilometer tersebut menyipkan dari sekarang saldonya, berikut rincian tarif Tol Trans Jawa untuk mobil pribadi atau Golongan I.

Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi

Merak-Probolinggo

1. Merak-Probolinggo Rp 775.500

2. Merak-Cirebon (via GT Kanci) Rp 192.000

3. Merak-Cirebon (via GT Palimanan) Rp 180.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X