Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa

Kompas.com - 14/05/2019, 11:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Trans Jawa diperkirakan akan menjadi salah satu lintasan favorit yang bakal banyak digunakan pemudik pada Lebaran kali ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa langkah strategis sudah diterapkan oleh pemerintah.

Pertama mengenai kebijakan satu arah mulai dari Cikarang Utama sampai Brebes Barat yang akan diterapkan selama empat hari mulai 30 Mei mendatang. Setelah itu ada juga kebijakan ganjil-genap di Pelabuhan Merah sebagai upaya mencegah kepadatan volume kendaraan pribadi.

Sementara agar tidak ada penumpukan selama di jalan tol, terutama di tempat-tempat perisitirahatan, menurut Kasub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso, pemerintah akan melakukan pengaturan serta menambah fasilitas.

Joko mengatakan ada dua sumber kenapa rest area kerap penuh dan menimbulkan kepadatan saat Lebaran, yakni karena anteran toilet serta banyak orang tidak menyiapkan saldo uang elektronik (e-money, e-toll dan lain sebagainya).

Baca juga: Resmi, Mudik Lebaran Kemenhub Terapkan Satu Arah Sampai Brebes

"Pelajaran kami dari tahun sebelumnya, ternyata banyak orang mampir ke rest area untuk mengisi saldo e-Toll, untuk toilet terutama wanita itu sering menyebabkan antrean panjang, karena itu kami akan menambah jumlahnya. Untuk uang elektronik ada baiknya disiapkan sedari dini untuk mencegah ha-hal yang tidak diinginkan," kata Joko beberapa waktu lalu.

Nah, seperti diketahui Tol Trans Jawa sendiri sudah resmi beroperasi secara komersial, artinya dari Merak hingga Probolinggo sudah berbayar penuh. Agar tidak lupa, baiknya pemudik yang ingin melintasi tol sepanjang 965 kilometer tersebut menyipkan dari sekarang saldonya, berikut rincian tarif Tol Trans Jawa untuk mobil pribadi atau Golongan I.

Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi

Merak-Probolinggo

1. Merak-Probolinggo Rp 775.500

2. Merak-Cirebon (via GT Kanci) Rp 192.000

3. Merak-Cirebon (via GT Palimanan) Rp 180.000

4. Merak-Semarang Rp 397.500

5. Merak-Solo Rp 474.500

6. Merak-Surabaya Rp 723.500

7. Merak-Pasuruan (Grati) Rp 775.500

Jakarta-Probolinggo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com