Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah Tiket Pesawat Mahal dan Adanya Tol Trans Jawa

Kompas.com - 14/05/2019, 11:24 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah lesunya penjualan mobil bekas (mobkas) akibat tahun politik dan perang diskon mobil baru, rupanya ada sedikit harapan mendekati Lebaran 2019. Akibat tingginya harga tiket pesawat terbang dan sulitnya mencari moda transportasi umum, sedikit demi sedikit penjualan mobkas beranjak naik.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan sejal akhir April 2019 pergerakan pasar mobkas mulai mengalami peningkatan meski tidak terlalu signifikan. Banyak konsumen yang sudah mulai melakukan transaksi untuk menyiapkan kendaraan jelang mudik Lebaran.

"Faktornya kemarin itu harga tiket pesawat yang tinggi serta sulitnya mendapat tiket transportasi lain seperti kereta. Dari situ, mulai terlihat memang sudah ada kenaikan penjualan mobil seken meski secara angka jumlahnya tak sebesar tahun-tahun sebelumnya," ucap Herjanto kepada Kompas.com, Senin (13/5/2019).

Baca juga: MPV Bekas di Bawah Rp 150 Juta

Herjanto menegaskan, naiknya pasar mobil bekas juga didukung adanya infrastruktur tol Trans Jawa yang saat ini sudah terhubung dari Merak hingga Surabaya. Secara tidak langsung, kondisi tersebut membuat euforia tersendiri bagi pemudik yang ingin pulang kampung sekaligus merasakan tol baru.

Dari segi model, Herjanto mengatakan paling favorit masih mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV), seperi Ertiga, Mobilio, Avanza, Xpander, dan lainnya. Beberapa hatchback juga ada, hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak. Kenaikan penjualan diprediksi masih akan terus berjalan hingga minggu terakhir jelang Lebaran.

Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).

"Biasanya konsumen memang tidak langsung beli, ada yang datang lihat-lihat dulu, tanya-tanya. Baru dua tiga hari ke depan datang lagi dan transaksi. Saya prediksi sampai akhir bulan masih terus berjalan yah, mudah-mudahan," ucap Herjanto.

Tingginya penjualan LMPV jelang puasa juga diakui oleh Presiden Direktur mobil88 Halomoan Fischer. Menurutnya, sampai saat ini Avanza dan Xenia masih mendominasi pasar mobil bekas, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman dan merasakan sensasi Tol Trans Jawa.

"Kebanyakan yang paling laku itu tipe tengahnya. Tapi antara matik atau manual, itu tergantung, tinggal dicek saja penjualannya lebih banyak yang mana," kata Fischer beberapa hari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com