Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Sewa Mobil untuk Mudik, Ini Perkiraan Biayanya

Kompas.com - 13/05/2019, 16:23 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sewa mobil menjadi salah satu cara masyarakat untuk kembali ke kampung halaman. Selain tidak dipusingkan tiket moda transportasi umum, menyewa mobil dipilih karena kemudahan menentukan waktu pergi dan pulang sesuai kondisi.

Lantas berapa biaya sewa kendaraan yang harus disiapkan untuk Lebaran kali ini? Dari beberapa penyewaan yang Kompas.com datangi sebagian besar sudah membuatkan paket untuk libur Lebaran.

"Musim lebaran kita memberi paket. Ada lima hari, tujuh hari sampai 10 hari dengan harga bervariasi sesuai jenis mobil yang diinginkan," ucap Andi Effendi dari jasa rental PT Cililitan Utama Jaya.

Misal jenis yang banyak ditawarkan adalah MPV Avanza 2015 sampai 2017. Calon peminjam dapat menyediakan dana Rp 6,5 juta untuk 10 hari, tujuh hai 4,9 juta dan lima hari 3,7 jutaan.

Tahun produksi lebih lama akan membuat harga sewa lebih murah. Misal Avanza 2015 sampai 2017 untuk 10 hari dibanderol harga Rp 6 juta, tujuh hari Rp 4,5 juta, dan lima hari Rp 3,5 juta.

Baca juga: TRAC Tawarkan Kemudahan Sewa Kendaraan

Model seperti Brio juga banyak diminta calon peminjam. Untuk tahun produksi 2016 paket 10 hari dibanderol Rp 6 juta, tujuh hari Rp 4,5 juta dan lima hari Rp 3,5 juta.

Harga serupa juga ditemui di beberapa jasa penyewaan kendaraan. Untuk model terbanyak adalah low MPV seperti Avanza, Xenia dan Mobilio yang dibanderol Rp 6 jutaan untuk 10 hari. Model lainnya seperti Rush sekitar Rp 7 juta-an, Innova Rp 8 jutaan dengan model terbaru Rp 10 jutaan.

Untuk yang sedikit lebih mewah ada Fortuner dan Pajero Sport yang dibanderol Rp 14 jutaan sampai Rp 18 jutaan selama peminjaman 10 hari.

"Harga di atas belum dengan sopir. Untuk yang menyewa dengan sopir ada tambahan untuk jasa sopir di luar uang makan dari sopir. Pelunasan biaya peminjaman bisa dilakukan sebelum penggunaan, untuk pemesanan baik model kendaraan dan tanggal bisa menggunakan uang muka terlebih dahulu," ucap Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com