Ketahui Kebutuhannya Sebelum Kulik Mesin Vespa

Kompas.com - 10/05/2019, 07:42 WIB
Komunitas pengendara Vespa konvoi saat acara Indonesia Vespa Days 2019 di Jakarta, Minggu (28/4/2019). Acara ini diikuti sekitar 2000 orang pencinta vespa dan dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Komunitas pengendara Vespa konvoi saat acara Indonesia Vespa Days 2019 di Jakarta, Minggu (28/4/2019). Acara ini diikuti sekitar 2000 orang pencinta vespa dan dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara skutik Vespa sekarang ini yang usianya terbilang masih sangat muda. Sering kali anak muda hanya mengikuti tren tanpa paham akan konsekuensinya. Termasuk dengan tren upgrade performa Vespa.

Banyak yang melakukan upgrade pada bagian mesin Vespa untuk mendapatkan performa yang maksimal. Hal ini biasanya dilakukan pemilik Vespa yang mengubah skutiknya bergaya racing look.

Baca juga: Vespa Serba Gelap Edisi Khusus, Sprint Notte

Ahmad Jayadi, pemilik bengkel AJM Skuter yang berada di daerah Cibubur, Jakarta Timur, menyarankan untuk para pemilik Vespa yang ingin melakukan upgrade performa pada skutiknya untuk memahami kebutuhannya.

"Menaikkan performa pada motor Vespa berbeda dengan motor-motor lain. Karakter mesin kan memang berbeda-beda. Sebaiknya, bawa ke orang yang memang ahlinya. Jangan sampai jadi bahan trial and error," ujar mantan pebalap nasional tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ada Vespa Baru, Ini Daftar Skutik 150 cc di April 2019

Menurut Jayadi, dalam melakukan upgrade pada sektor dapur pacu, perlu memahami tujuan penggunaannya.

"Jangan asal diubah, ketahui dulu kebutuhan dan keinginannya. Mau upgrade untuk apa? Apakah tarikan bawahnya kurang, mau torsi yang bagus, mau dipakai dalam kota, touring, kan itu semua berbeda-beda," kata Jayadi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X