Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Pengiriman Sepeda Motor pada Musim Mudik

Kompas.com - 09/05/2019, 16:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Opsi mengirimkan sepeda motor di momen Lebaran kerap digunakan warga Ibukota Jakarta. Pasalnya, saat berada di kampung halaman mereka tidak dipusingkan dengan moda transportasi untuk berkegiatan.

Setiap tahunnya opsi ini selalu dilirik warga Ibukota. Tergantung dari jarak kota tujuan, harganya bervariasi.

“Harga kisaran Rp 500.000 sampai Rp 800.000-an. Motornya dibedakan yakni skuter, bebek, motorsport, sampai moge,” ucap petugas KA Log Manggarai, Wanto saat ditemui Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dari daftar harga yang tertera motor bebek dan skuter dikenakan biaya paling murah Rp 300.000 (Bandung) dan termahal Rp 850.000 (Denpasar), motor sport 150 cc mulai Rp 400.000 sampai termahal Rp 1 juta.

Untuk motor sport 250 cc mulai Rp 400.000 sampai Rp 1.250.000 dan motor besar (di atas 250 cc) dibanderol mulai Rp 750.000 sampai Rp 1.750.000.

Baca juga: Pentingnya Perban Knalpot pada Sepeda Motor Kustom

Daerah yang dituju sesuai dengan rute kereta api yang tersedia. Kebanyakan di Jawa Barat hingga Jawa Timur namun tidak menutup untuk dikirim hingga Pulau Bali.

Wanto mengungkapkan keramaian pengiriman motor selain di Manggarai juga terdapat di Jatinegara dan Senen. Ia mengungkapkan tahun ini kemungkinan keramaian pengiriman motor memuncak H-10.

“Kalau mau lancar pengirimannya sebaiknya jauh hari. Kalau dekat lebaran nanti kereta api akan mendahulukan angkutan penumpang untuk mudik,” ucap Wanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com