Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Bongsor Pelit Diskon di Telkomsel IIMS 2019

Kompas.com - 01/05/2019, 17:57 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan pemakai skutik merupakan konsumen yang berasal dari kelas bawah mulai luntur setelah beberapa produsen sepeda motor melansir skutik bongsor dengan banderol relatif tak murah.

Hasil penelusuran Kompas.com di Telkomsel IIMS 2019, Rabu (1/5/2019), terdapat beberapa skutik bongsor yang tebar pesona. Hanya saja diskon yang diberikan kecil. Kalaupun ada rabat lumayan besar merupakan tahun produksi 2017 atau 2018.

Honda PCX misalnya, sama sekali tidak ada potongan harga di Telkomsel IIMS 2019. Beberapa pramuniaga yang dimintai keterangan mengatakan skutik ini laku keras, bahkan harus inden untuk beberapa warna.

Honda PCXKOMPAS.com/Gilang Honda PCX

Baca juga: 5 Skutik Bongsor yang Hadir di Telkomsel IIMS 2019

"PCX tidak ada diskon mas. Sudah harga pas. Ini pun harus inden sebulan, untuk warna lain lebih lama lagi indennya," kata pramuniaga Honda kepada Kompas.com, di JiExpo, Kemayoran, Rabu (1/5/2019).

Pun demikian untuk Honda Forza 250 yang pada dasarnya tidak ada diskon. Skutik penantang Yamaha XMax ini harganya bahkan sudah naik dari semula Rp 76 juta saat meluncur menjadi Rp 79,5 juta.

"Harganya sudah naik karena BBN (Bea Balik Nama). Ada diskon tapi kecil, kalau beli tunai diskon Rp 2 juta tapi kalau kredit Rp 2,5 juta. Tapi diskon ini buat VIN 2018 ya, kalau yang 2019 tidak ada diskon," katanya.

Diskon lumayan besar ada di booth Kymco di Hall C2, JiExpo, Kemayoran. Skutik moge Kymco Downtown 400i kena rabat Rp 9 juta, dari semula Rp 108 juta menjadi Rp 99 juta. Sedangkan Downtown 250i diskon Rp 3 juta dari Rp 68 juta menjadi Rp 65 juta.

"Kymco Downtown 400i diskon Rp 9 juta tapi untuk VIN tahun 2017. Kalau yang Downtown 250i diskon buat VIN 2018. Unit yang 2019-nya sendiri belum ada," kata sales Kymco.

Vespa SprintKOMPAS.com/Gilang Vespa Sprint

Beralih ke Vespa yang terkenal sebagai skuter premium asa Italia juga tidak memberikan rabat berupa potongan harga langsung. Sebagai gantinya konsumen akan mendapat tambahan paket aksesori senilai Rp 5,4 juta.

"Kita gak ada diskon tapi dapat aksesori senilai Rp 5 jutaan mulai list front bumper, flyscreen, flormat, saddle sport dan helm," kata sales representative Vespa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com