Kenalan dengan Kijang Innova Peneguk Biodiesel B50

Kompas.com - 01/05/2019, 12:42 WIB
PPKS hadir di Telkomsel IIMS 2019 dengan bahan bakar B50Kompas.com/Setyo Adi PPKS hadir di Telkomsel IIMS 2019 dengan bahan bakar B50

JAKARTA, KOMPAS.com - Arena test drive di ajang Telkomsel IIMS 2019 menjadi sasaran keramaian pengunjung yang ingin mencoba mobil keluaran terbaru. Namun, ada satu tenda di lokasi yang menawarkan produk berbeda dari peserta pameran lainnya.

Tepatnya, berlokasi di dekat tenda registrasi test drive, arena outdoor JI Expo Kemayoran. Merupakan peserta dari Lembaga Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) memajang Toyota Kijang Innova yang diklaim sudah mampu mengonsumsi bahan bakar biodiesel B50. Mereka juga menampilkan tampilan bahan bakar dengan bauran biodesel 50 persen tersebut.

"Tujuan kami ikut IIMS 2019 adalah untuk mengenalkan jenis bahan bakar B50 ke masyarakat. Selain itu juga ingin mengenalkan bahwa selama ini bahan bakar yang dikonsumsi untuk kendaraan diesel masyarakat adalah biodiesel karena sampai sekarang banyak yang belum sadar," ucap peneliti dari PPKS Muhammad Ansori saat ditemui Rabu (1/5/2019).

Ansori mengungkapkan pihaknya juga membuka kesempatan untuk masyarakat yang datang mencoba kendaraan uji Innova yang sudah diisi B50. Ia meyakinkan penggunaan bahan bakar bauran biodiesel ini tidak berbeda dengan bahan bakar yang sudah digunakan selama ini.

Baca juga: 5 Moge Murah di Telkomsel IIMS 2019

PPKS selama ini telah melakukan uji bahan bakar pada mobil diesel tanpa ubahan atau sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Pada 2005, PPKS menggunakan B10 dan melakukan uji jalan dari Medan-Jakarta-Medan dengan menggunakan dua jenis kendaraan niaga dan penumpang.

Berlanjut pada 2007, PPKS kembali melakukan pengujian B10 dengan mesin diesel canggih common rail sejauh 20.000 kilometer. Hasil pengujian ini diserahkan kepada pemerintah untuk mengambil kebijakan mengenai biodiesel.

Terbaru adalah B50. Parameter uji jalan meliputi konsumsi bahan bakar, dyno tes, emisi gas buang, analisa terhadap tekanan injektor ruang bakar dan uji di dataran tinggi.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X