Begini Cara Gesits Manfaatkan Baterai Bekas

Kompas.com - 26/04/2019, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada motor listrik, seperti Gesits, baterai menjadi sumber tenaga untuk menggerakan motor elektrik. Tak sedikit pihak-pihak yang mempertanyakan bagaimana PT Gesits Technologies Indo (GTI) mengelola baterai bekas dari skuter listrik ini.

Gesits dibekali baterai Lithium NCM berkapasitas hingga 3 kWh. Baterai tersebut mampu dipakai menjelajah hingga 100 kilometer tiap satu kali pengisian daya.

Baca juga: Gesits Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 24,95 Juta

Harun Sjech, CEO PT GTI, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengelola baterai bekas Gesits.

Baterai dari skuter listrik Gesits.Donny Dwisatryo Priyantoro Baterai dari skuter listrik Gesits.

“Kita kerja sama dengan LG Chem, mereka yang akan mengelola baterai bekas dari Gesits. Kita juga kerja sama dengan beberapa universitas untuk pengolahan limbah tersebut,” terang Harun, saat peluncuran Gesits di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Gesits Pasang Target Produksi 25.000 Unit Tahun Ini

Harun juga menambahkan, baterai bekas dari Gesits ini masa pakainya cukup lama dan masih bisa dimanfaatkan untuk yang lain.

“Baterai ini masih bisa dimanfaatkan untuk sistem energi surya, karena enggak benar-benar habis. Jadi, first cycle di motor listrik, second cycle untuk keperluan yang lain. Jadi, sebenarnya lama sekali waktu pemakaiannya, bisa sampai sepuluh tahun,” kata Harun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.