Kompas.com - 22/04/2019, 14:49 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan taksi Bluebird, Senin (22/4/2019) meluncurkan armada taksi listriknya. Armada tersebut digunakan pada layanan Bluebird dan Silverbird.

Mobil listrik yang digunakan BlueBird adalah BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D yang hadir untuk layanan Silverbird. Kedua jenis mobil ini mulai beroperasi pada Mei 2019 mendatang.

"Kami sangat bangga menjadi pionir dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan transportasi yang melayani masyarakat lebih dari 46 tahun, Bluebird terus melakukan inovasi dan terobosan baru," ucap Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo dalam sambutannya.

Sebagai langkah awal Bluebird menghadirkan 25 unit BYD dan 4 unit Tesla sebagai armadanya. Noni berharap kehadiran armada baru ini dapat meningkatkan kualitas layanan Bluebird sekaligus ikut meningkatkan kuakitas udara di Jakarta.

Baca juga: Tesla Model S Jadi Taksi Blue Bird

Direktur PT Blue Bird, Tbk, Addianto Djokosoetono, pihaknya akan menambah armada mobil listrik ini di masa depan. Bluebird menargetkan 200 unit mobil listrik akan hadir pada 2020.

"Bluebird akan menghilangkan 434.095 kilogram emsisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter. Penambahan 2000 unit mobil listrik pada periode 2020-2025 akan menghilangkan 21.704.750 kilogran emisi CO2 atau setara konsumsi BBM 94.909.091 liter," ungkap Adrianto.

Kehadiran Tesla Model X 75D ini juga mengkonfirmasi foto yang tersebar di media sosial. Meski dalam penyebutan awal seperti yang termuat di Kompas.com model yang digunakan adalah Model S.

Penggunaan BYD e6 ini juga membuktikan isu kehadiran mobil listrik di armada taksi terjawab. Sebelumnya beberapa pihak termasuk PLN dan Kementerian Industri memgungkapkan rencana Bluebird menggunakan mobil listrik BYD.

BYD sendiri bukan nama asing di oervaturan mobil listrik. Produsen China ini adalah pemain besar kendaraan listrik dan produknya sudah di gunakan sebagai armada taksi di China, Malaysia, Thailand dan Singapura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.