Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Rawat Kaca Helm saat Musim Hujan

Kompas.com - 20/04/2019, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, terkadang sulit menjaga kebersihan helm, termasuk bagian kaca atau visor. Padahal, visibilitas mutlak sangat penting saat berkendara.

Hal ini diakibatkan dari air hujan yang turun membawa kotoran. Belum lagi cipratan lumpur dari pengendara di depan.

Baca juga: Helm Terkena Air Laut, Begini Penanganannya

Namun, membersihkan visor tidak bisa sembarangan. Jika salah, bisa membuat visor malah jadi lecet atau terlihat kusam. Jika sudah begitu, visibilitas pun jadi terganggu.

"Untuk membersihkan visor, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Jangan langsung mengusap kondisi visor yang kotor karena air hujan. Risikonya adalah lecet kena goresan," terang Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI), saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/4/2019).

Baca juga: Jangan Biasakan Taruh Helm di Spion Motor

Sekarang ini sudah banyak yang menggunakan cairan anti air pada visor, yang dapat membuat efek water repellent dan juga anti kabut.

"Sudah banyak yang melakukan perawatan seperti nano coating. Saran saya, jangan sembarangan memakai cairan yang mengandung zat kimia aktif," ujar Tugimin.

"Visor helm terbuat dari bahan plastik PC yang dilapisi anti gores dan bukan seperti kaca yang notabene tahan terhadap cairan kimia," lanjutnya.

Tugimin menambahkan, ada beberapa produk yang di jual di pasaran untuk perawatan visor. Sebaiknya selalu teliti saat memilih produk. Carilah yang kandungan bahannya waterbase atau alkohol, karena lebih aman untuk visor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com