Ssstt… Ini Rahasia agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Irit

Kompas.com - 15/04/2019, 17:30 WIB
Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

KOMPAS.com Lala (30) duduk seorang diri di sudut pantry kantor sambil menyantap makan siang yang ia bawa dari rumah. Sesaat kemudian, Putra (31) datang dan langsung menempati bangku kosong di samping Lala.

Mengetahui raut wajah Lala saat itu sedang tidak bersemangat, Putra berinisiatif untuk memulai percakapan.

“Ada apa, La?” tanya Putra dengan penasaran.

“Aku heran, kok kayaknya bahan bakar mobil aku cepet abis, ya. Padahal selalu aku isi penuh,” jawab Lala.

Putra sebagai pria yang menggemari otomotif pun langsung bersemangat memberikan tanggapan perihal masalah yang Lala hadapi.

“Wah, ada banyak faktor, La, yang buat kenapa bahan bakar mobil kamu boros. Bisa karena faktor bahan bakar yang kamu pakai, mesin yang sudah harus diservis, sampai cara mengemudi kamu,” sahut Putra (31).

Ya, permasalahan bahan bakar yang boros memang kerap menghantui pengendara kendaraan bermotor seperti mobil. Terkadang, para pengendara beranggapan bahwa tidak ada masalah apa-apa pada mobilnya.

Namun, faktanya bahan bakar yang mereka gunakan boros serta bisa menguras lebih banyak biaya.

Nah, bahan bakar yang boros bisa dipengarungi oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya seperti yang sudah diutarakan oleh Putra lewat percakapan di atas.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak tips yang Kompas.com rangkum berikut ini.

1. Menjaga putaran mesin

Untuk menghasilkan bahan bakar yang lebih irit, Anda harus memperhatikan torsi mesin. Umumnya, torsi paling efisien berada pada rentang putaran 2.000-3.000 rotasi per menit (rpm).

Page:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X