Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Jump Start Juga Warnai GP Amerika

Kompas.com - 15/04/2019, 16:50 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

AUSTIN, KOMPAS.com - Di seri sebelumnya yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Cal Crutchlow diberi penalti karena melakukan jump start. Hal ini terjadi lagi di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat (14/4/2019).

Pembalap yang melakukan jump start kali ini adalah Maverick Vinales dan Joan Mir. Keduanya pun diganjar hukuman ride through.

Baca juga: Para Pebalap MotoGP Bicara Hukuman Curi Start Cal Crutchlow

Regulasi mengenai jump start tahun ini dinilai sebagian besar pembalap sangat ketat. Motor pembalap tidak boleh bergerak sama sekali sebelum lampu start padam. Penalti yang diberikan juga dinilai terlalu berat.

"Penaltinya terlalu berat, gara-gara ride through Anda bisa ketinggalan 30-35 detik. Balapan Anda pun berakhir," ujar Valentino Rossi saat konferensi pers setelah meraih podium di Sirkuit Austin.

Polemik ini pun sudah didiskusikan dengan Komisi Keselamatan MotoGP, namun tetap belum mendapatkan solusi. Selain ride through, penalti lainnya yang diusulkan adalah pembalap harus melakukan long lap. Pembalap harus melewati bagian terluar tikungan atau jalur yang berbeda dari yang seharusnya.

Baca juga: Crutchlow Meradang dengan Keputusan Penalti Akibat Jump Start

"Banyak pembalap setuju, tapi Cal merasa dirugikan jika sanksinya diubah sekarang, karena sudah mendapat penalti yang berat. Cara yang terbaik mungkin mengganti sanksinya mulai tahun depan," ungkap Rossi.

Karena sanksi tersebut, Vinales yang start di posisi keenam jadi finish posisi ke-11. Begitu pula dengan Mir yang turun satu posisi, finish ke-17.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com