Sengit, Rins Asapi Rossi di GP Amerika

Kompas.com - 15/04/2019, 02:48 WIB
Alex Rins Suzuki TwitterAlex Rins Suzuki
|

TEXAS, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki, Alex Rins, berhasil meraih kemenangan pada GP Amerika yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (14/4/2019). Hasil itu tidak mudah diraih, karena Rins harus bertarung dengan jagoan Yamaha, Valentino Rossi.

Persaingan ketat terjadi sejak Rins masuk urutan kedua. Saat balapan tersisa empat putaran lagi pebalap tim Suzuki itu pun berhasil mendahului Rossi.

Baca juga: LIVE: Honda Bermasalah di GP Amerika, Marquez Jatuh

The Doctor pun harus puas finis urutan kedua, dan di belakangannya ada pebalap Pramac Ducati, Jack Miller. Selanjutnya posisi keempat diisi pebalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Sementara juara dunia, Marc Marquez, gagal mempertahankan gelar sebagai pebalap tak terkalahkan di GP Amerika sejak 2013. Baby Alien tersungkur di putaran ke-12, dimana balapan tersisa 14 putaran lagi.

Terjatuhnya Marquez, memberikan keuntungan tersendiri buat Rossi dan Rins, untuk menguasai posisi terdepan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Balapan

Marquez yang start di posisi pertama, langsung melesat saat lampu hijau tanda balapan dimulai menyala. Diikuti Rossi urutan kedua, dan Cal Crutchlow mengisi baris ketiga.

Baca juga: Dimas Ekky Bisa Finis di Moto2, tapi Posisi Buncit

Marquez bahkan mampu menjaga jarak dengan The Doctor. Sementara Crutchlow mampu bertahan di urutan ketiga, namun dengan jarak yang cukup tipis antar ketiga pebalap itu.


Balapan berlangsung tiga putaran, Crutchlow mulai mengejar ketertinggalan dari Rossi. Jarak kedua pebalap itu pun semakin tipis, sementara Marquez terus melaju kencang di urutan paling depan.

Namun, balapan tersisa 15 putaran lagi, Crutchlow terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. Urutan ketiga langsung diisi oleh Jack Miller, dan keempat dihuni Alex Rins.

Posisi kembali berubah setelah Marquez terjatuh pada tikungan ke-12. Pebalap asal Spanyol itu pun tidak bisa melanjutkan balapan, sehingga Rossi naik ke urutan pertama. Rins mengunci posisi kedua, dan Miller ketiga.

Selang beberapa putaran rekan satu tim Marquez, yakni Jorge Lorenzo mengalami nasib yang sama. Pebalap asal Spanyol itu sepertinya mengalami masalah pada bagian mesin dan harus menepi di gravel pada tikungan ke 12.

Persaingan sengit kembali terjadi di papan atas di mana Rossi dan Rins saling merebut posisi pertama. Kedua pebalap itu terlibat pertarungan sengit ketika balapan tersisa empat putaran lagi. Sampai akhir balapan, Rins berhasil finis pertama, diikuti Rossi dan Miller mengisi posisi ketiga.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.