Menaksir Harga Ban untuk Sepeda Motor Dual Purpose

Kompas.com - 13/04/2019, 08:42 WIB
Honda CRF250 Rally menjadi penantang serius motor adventure ber-cc kecil. KompasOtomotif-Donny AprilianandaHonda CRF250 Rally menjadi penantang serius motor adventure ber-cc kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen motor adventure lagi digandrungi para agen tunggal pemegang merek (ATPM). Buktinya, relatif cukup banyak pilihan model motor di segmen ini di pasar, baik dari merek Jepang atau yang lainnya.

Contohnya, Honda CRF250 Rally, Africa Twin, dan CB500X, BMW G 310 GS dan R 1200 GS, Triumph Tiger, Kawasaky Versys 250 dan 650, serta masih banyak lagi lainnya.

Secara konsep, motor jenis dual purpose ini, memberikan kenyamanan buat pengendara ketika jalan aspal di perkotaan atau harus turun ke tanah ke area pedesaan. Tapi, bukan medan berat off-road yang dimaksud, hanya bukan berlapiskan aspal.

Guna memaksimalkan fungsi ini, para pemilik motor kemudian mengganti balutan ban yang digunakan agar tampil prima.

Baca juga: Triumph Ramaikan Segmen Moge Adventure di Indonesia

"Rata-rata pemilik motor adventure mengganti ban. Tujuannya tak lain agar motor tetap bisa melaju dengan maksimal, baik saat di jalur aspal, tanah, atau bebatuan," ujar Lerry Rahmat Rizky, pemilik Caos Custom Bikes, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2019).

Caos Custom yang memang fokus menangani motor adventure ini mengaku sering mendapat pesanan untuk penggantian ban premium.

Baca juga: Pilihan Sepeda Motor Adventure di Juni 2018

"Biasanya kita tawarkan ban Pirelli, untuk tipenya ada Scorpion Rally, Scorpion Rally STR, dan MT60. Harganya sendiri kisaran Rp 1juta -Rp 5 jutaan," terang Lerry.

Selain Pirelli, Lerry menjelaskan masih ada pilihan lainnya, seperti Shinko Big Block dan Trail Master, Continental TKC 70, Metzeler Karoo, dan Heidenau K 60.

Untuk kelas menengah, merek-merek lokal juga punya pilihan ban dual purpose, mulai dari Zeneos hingga Swallow.

"Di Planet Ban, kita juga sediakan ban dual purpose, seperti Zeneos Turino ZN33 dan Swallow Street Enduro SB 117. Kisaran harganya mulai dari Rp 300.000 - Rp 500.000-an ," ujar Andi Suwandi, karyawan Planet Ban Depok.

Ban Dual Purpose Corsaistimewa Ban Dual Purpose Corsa

Corsa juga punya ban dual purpose, yakni tipe Cross S yang dibanderol kisaran Rp 139-174 ribuan, tergantung ukurannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X