Tiga Komponen Bermasalah Pada Mitsubishi Delica dan Outlander Sport

Kompas.com - 05/04/2019, 14:02 WIB
Mitsubishi Delica Otomania/Setyo AdiMitsubishi Delica
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali melakukan kampanye perbaikan pada Delica lansiran 2015-2016 dan Outlander Sport produksi 2014-2017. Total dari kedua kendaraan yang terkena dampak recall tersebut jumlahnya mencapai 7.932 unit.

Penarikan kali ini memiliki masalah yang berbeda dengan recall yang dilakukan pada Februari lalu. Untuk 1.080 unit Delica, perbaikan dilakukan pada Reporogramming Auto Stop and Go (AS&G) ECU serta Rear Parking Brake.

Dalam keterangan resm MMKSI dijelaskan bila Reporgramming AG&S ECU pada Delica dilakukan untuk mengoptimalkan kerja sistemnya. Pada saat sistem AS&G aktif mesin kendaraan otomatis mati setelah berhenti sejenak dan jika kondisi charge battery dalam tingkat yang rendah, maka mesin berpotensi tidak dapat dinyalakan kembali.

Reporgramming AG&S ECU Delica Reporgramming AG&S ECU Delica

Baca juga: Mitsubishi Kembali Recall Delica dan Outlander Sport di Indonesia

Hal tersebut dikarenakan sistem AS&G membaca bahwa aki kendaraan sedang dalam kondisi yang tidak baik, sehingga sistem AS&G tidak dapat menghidupkan mesin kembali. Untuk perbaikan ini diperlukan waktu sekitar 30 menit.

Sementara untuk Rear Parking Brake yang juga menyerang 6.852 unit outlander Sport, dikarenakan adanya potensi timbulnya karat pada komponen kaliper rem belakang yang bisa mengurangi kinerjanya. Parahnya, dalam kondisi terburuk, kendaraan dapat bergerak meski kondisi tuas rem sudah diaktifkan. Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan waktu pengerjaan berkisar 1-2 jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Reat Parking Brake Delica dan Outlander Sport Reat Parking Brake Delica dan Outlander Sport
Selain dari Rear Parking Brake, Outlander juga mengalami masalah pada Front Wiper Link Ball Joint atau sambungan batan penyapu kaca. Dikatakan bila sektor tersebut mmeiliki potensi korosi yang berkaibat ball joint mudah aus sebelum waktunya dan berdampak wiper link road terlepas sehingga menyebabkan wiper tidak dapat bekerja.

Baca juga: Mitsubishi Recall Ribuan Delica dan Outlander Sport

Potensi korosi tersebut disebabkan oleh air yang dapat masuk melalui celah pembuangan air pada front deck garnish (antara kap mesin dengan kaca depan). Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 1 jam.

Front Wiper Link Ball Joint Outlander Sport Front Wiper Link Ball Joint Outlander Sport

Sebelumnya, Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, sudah mengatakan bila konsumen pengguna dari keduanya tak perlu khawatir. Karena dalam proses perbaikan, semuanya akan dibebaskan dari biaya, konsumen hanya perlu datang ke bengkel untuk melakukan perbaikan tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.