Pilih Sienta Atau Freed Bekas?

Kompas.com - 04/04/2019, 15:42 WIB
Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil di segmen low MPV dengan desain boxy saat ini dihuni oleh Toyota Sienta. Namun sepertinya soal mobil MPV boxy yang ada di benak konsumen dan dicari masih Honda Freed.

Ini setidaknya didapati Kompas.com dari beberapa pedagang mobil bekas seputaran Jakarta yang membandingkan minat pembeli kedua produk ini di pasaran.

“Honda itu stabil penjualan bekasnya. Freed masih banyak yang cari, bagus dari sisi jualan dan harga tidak jatuh banyak. Sienta jarang, barangnya juga jarang,” ucap pedagang mobil bekas dari Langgeng Indah Makmur MGK Kemayoran, Daniel Libianto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Daniel mengungkapkan status tidak lagi diproduksi Freed yang kemungkinan membuat MPV dengan pintu geser ini dicari konsumen mobil bekas. Calon konsumen berharap harga kompetitif dari status tersebut.

Jualan Sienta Menurun, Ini Alasan Toyota

“Dipakai juga masih nyaman dan tidak ada masalah dengan suku cadang. Jadi pilihan yang mencari mobil boxy dengan power sliding door, kepikirannya Freed,” ucap Daniel.

Hal senada juga diungkapkan Riky dari  Nusa Indah Motor Duren Sawit. Perbandingan harga keduanya membuat Freed masih dicari dibanding Sienta.

“Kalau dapat baru sekitar Rp 220 jutaan untuk tahun 2016 tipe tertinggi. Pasti ada yang cari cuma bertanyanya pasti bandingannya Freed. Freed tahun 2015 harga kisaran Rp 150 jutaan,” ucap Riky.

Namun menurut Daniel, kondisi pasar ini bisa jadi sementara. Ini karena Sienta masih terhitung produk baru dimana calon konsumen masih ingin melihat penerimaan pasar dan durabilitas mobil tersebut di masa depan.

“Tapi menurut saya ketertarikan pada Sienta ini bisa jadi tinggal menunggu waktu. Sienta terhitung baru beberapa tahun, minat untuk mencoba mobil bekasnya mungkin dua tiga tahun lagi saat unit-unit bekasnya mulai bermunculan dan harga bekasnya kompetitif,” papar Daniel.




Close Ads X