Pasar Mobil Sejuta Umat Menurun di Awal Tahun

Kompas.com - 28/03/2019, 14:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tengah menikmati hasil penjualan Xpander di awal 2019. Secara wholesale, low MPV tersebut berhasil terjual sebanyak 5.708 unit di Januari dan 5.532 unit di Februari lalu.

Namun berdasarkan data Gaikindo, catatan penjualan awal tahun ini justru menurun dibanding tahun lalu. Masih di catatan wholesale, Xpander di Januari 2018 tercatat terjual 6.881 unit dan di Februari tahun lalu terjual 7.400 unit.

Menanggapi hal ini Director Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengakui pasar low MPV di awal tahun mengalami penurunan. Ini diakuinya sebagai pola tahunan yang dialami produsen otomotif.

“Bicara kondisi pasar nasional pun kecenderungannya sedikit menurun. Memang bicara Januari seasonal-nya seperti itu, setelah puncaknya di akhir tahun, menurun di awal tahun. Februari dan Maret ini melambat,” ucap Irwan yang ditemui, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Timang Harga Ertiga Sport dengan Xpander dan Mobilio

Irwan mengungkapkan, soal Xpander sendiri penjualannya dinilai cukup baik. Ia menekankan saat ini produk mereka memimpin penjualan secara retail di awal tahun.

“Februari kita lebih dari 30 persen pangsa pasarnya. Penjualannya bahkan hampir 6.000 unit. Jadi penjualannya masih cukup baik,” ucap Irwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.