Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Ajak Pengusaha Transportasi Tes Jalan Bus Terbaru

Kompas.com - 28/03/2019, 09:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Duta Cemerlang Motor (DCM), selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Jawa Tengah, menggelar road test FC Bus dan RN 285 untuk menguji ketangguhan mesin dan kenyamanan bus Hino.

Hino mengundang para Pengusaha Otobus (PO) di daerah Jawa Tengah dalam acara road test yang diikuti oleh 30 pengusaha otobus yang bergerak dibidang transportasi antar kota maupun pariwisata.

Mengambil rute dari Semarang menuju tol Unggaran dan tol Salatiga, road test ini dilakukan untuk mengenalkan fitur atau pengembangan terbaru dari FC Bus. Sebelumnya bus ini menggunakan ban dan pelek 8.25 R16 kini menggunakan ban dan pelek 9.5 dan R 17.5 untuk menambah kenyamanan dalam berkendara.

Pengaruh perubahan ban dan pelek ini membuat jarak antara brake drum dan pelek menjadi lebih besar sehingga sirkulasi udara panas pada ban menjadi lebih baik. Hal ini dapat mengurangi kejadian ban pecah saat di kendarai. Tidak hanya itu, dengan saat ini menggunakan ban radial tubeless FC Bus menjadi mudah dalam perawatan dan lebih hemat biaya karena tidak harus mengganti ban dalam.

“Hino bus saat ini memiliki peran besar sebagai penghubung setiap kota di Indonesia. Untuk itu kami terus melakukan improvement untuk bus ini agar semakin ekonomis dan efisien," ucap Product Division Head HMSI, Prasetyo Adhiyudo dalam keterangannya, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Hino Keluhkan Kualitas Pencampuran Biodiesel

Road test ini juga memperkenalkan transmisi baru dari Hino Bus RN 285 yang saat ini menggunakan tipe ZF6S1010B0 over drive yang diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dalam pengoperasian. RN 285 saat ini juga memiliki Retarder Transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan juga pengemudi.

Keuntungan lainnya dengan penggunaan retarder ini adalah mengurangi lelah pengemudi karena frekuensi mengijak pedal rem yang berkurang sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus.

FC Bus sendiri memiliki kapasitas 40 penumpang, yang sekaligus melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya terdapat bus besar seperti RN 285 dan R260 dengan kapasitas 59 penumpang dan bus kecil dengan kapasitas 30 penumpang.

Hino Bus ini biasa digunakan untuk pariwisata maupun transportasi dalam kota dan antar kota. Ini dibuktikan dengan penjualannya pada tahun 2018 lalu mencapai 1.387 unit dan menguasai pasar hingga 96 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com