Perangkat Aero Ducati Tidak Salahi Aturan

Kompas.com - 27/03/2019, 09:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan protes pabrikan terkait perangkat aerodinamika Ducati sepertinya harus berakhir. Komisi pengadilan banding MotoGP akhirnya menetapkan bahwa perangkat Ducati tidak menyalahi aturan alias legal.

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso yang memenangi seri pembuka Qatar, tetap mendapatkan kemenangannya. Begitu juga dengan rekan satu tim Dovi, Danilo Petrucci dan pebalap Ducati Pramac, Jack Miller.

Keputusan ini membuat Ducati dapat menggunakan perangkat yang dipasang di bagian bawah lengan ayun motor mereka tersebut di balapan-balapan selanjutnya. Panel juri FIM MotoGP menolak protes yang dilayangkan empat pabrikan yakni Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki.

Keempat pabrikan tersebut memperkirakan bahwa perangkat yang dipasang oleh Ducati tersebut menguntungkan pabrikan Italia tersebut. Namun Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge memutuskan memperbolehkan perangkat tersebut untuk digunakan yang membuat pabrikan-pabrikan tersebut melayangkan protes.

Baca juga: Aerodinamika Ducati Menghasilkan Downforce

Namun protes ini tidak berhenti sampai di sini. General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna mengungkapkan protes yang dilayangkan keempat pabrikan tidak masuk akal. Ducati bahkan berencana untuk mengajukan protes pada desain fairing Honda.

Keempat pabrikan masih dapat memasukkan banding ke pengadilan arbitrase olahraga. Ini dilakukan dalam kurun waktu lima hari setelah keputusan ini.

Ducati mengungkapkan perangkat yang diberikan pada lengan ayun mereka bertujuan untuk mendinginkan ban. Perangkat ini bekerja bersama bagian depan untuk mengoptimalkan aliran udara.

Pengumuman ini semakin memanaskan gelaran MotoGP yang baru akan memasuki seri kedua di GP Argentina akhir pekan nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.