Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Akan Jual Ertiga dengan Logo Toyota

Kompas.com - 26/03/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Secara global Toyota akan berbagi teknologi hibrida dengan Suzuki di India. Bahkan, Ciaz dan Ertiga bakal dipasarkan menggunakan logo Toyota alias rebadge untuk pasar di India.

Selain itu, Toyota juga siap memberikan dua kendaaraan listrik untuk dipasarkan Suzuki di Eropa, yaitu Corola Wagon dan RAV4.

Menanggapi hal itu, 4W Deputy Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Setiawan Surya mengatakan, belum ada pembahasan internal antara prinsipal dan PT SIS. Namun, pada dasarnya bagaimana pabrikan memaksimalkan dari sisi produksi.

"Pada dasarnya kami selalu mengikuti arahan atau kebijakan dari prinsipal saja," ucap Setiawan pekan lalu di kawasan Jakarta Selatan.

Baca juga: Sebentar Lagi Ertiga Akan Dijual dengan Logo Toyota

Di tempat sama Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Saputra menjelaskan, sebenarnya itu merupakan ranah prinsipal yang harus bicara. Di Indonesia persaingan pun tetap terjadi dan paling penting terbentuk secara wajar.

"Persaingan itu terjadi di India ataupun di Indonesia. Selebihnya hak prinsipal yang membicarakan secara detail dan kami akan selalu mengikuti kebijakan prinsipal," ujar Donny.

Bukan hanya itu, Toyota juga akan menerima mesin dari Suzuki untuk kategori mobil kompak yang diproduksi di Polandia. Selain di India, Ertiga dan Ciaz berlambang Toyota juga bakal dipasarkan di Afrika, termasuk Vitara Brezza dan Baleno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com