Meski Saudara, Auto2000 Tidak Terima Servis Daihatsu

Kompas.com - 22/03/2019, 13:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

MALANG, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu memiliki variasi produk kembar yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia. Sebut saja, mulai dari Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Calya-Sigra, sampai Rush dan Terios, semua produk tersebut juga bermain di segmentasi pasar yang berbeda.

Lantas, apakah dengan banyak produk kembaran yang notabenya secara suku cadang utama juga sama, kedua pabrikan tersebut boleh saling menggunakan fasilitas bengkel resemi. Contoh seperti Xenia atau Terios yang melakukan servis berkala atau perbaikan di bengkel Auto2000.

Menjawab pertanyaan tersebut, Senior Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya, menjelaskan bahwa pada dasarnya mengenai perawatan atau perbaikan mobil antara Toyota dan Daihatsu masing-masing sudah memiliki bengkel resmi sendiri.

Baca juga: Peran Lebih Bengkel Bagi Diler Auto2000

"Secara payung berada di bawah PT Astra Internasional, dimana ada Toyota Sales Operation dan Daihatsu Sales Operation, tapi soal principal berbeda meski Daihatsu ownership by Toyota. Jadi meski produknya kolaborasi, suku cadang sama, tapi servis kita berbeda," kata Ricky kepada wartawan di Singosari, Malang, Kamis (22/3/2019).

Ricky menegaskan bila bengkel resmi Auto2000 merupakan diler eksklusif Toyota, bahkan secara tingkat kemampuan mekanik pun sudah disertifikasi Toyota Internasional. Dengan demikian, secara pengerjaan unit yang dilakukan tidak menerima merek lain, termasuk untuk Daihatsu yang secara tak langsung merupakan "saudara" sendiri.

Servis Toyota.Dok. TAM Servis Toyota.
Bahkan untuk kondisi tertentu yang sifatnya darurat, konsumen pengguna Daihatsu pun tetap tidak bisa menggunakan jasa yang difasilitasi Auto2000 untuk pengguna merek Toyota. Artinya, mulai dari jasa bengkel, road assistance, sampai pengerjaan bodi dan cat pun, Auto2000 tak menerima pengerjaan di luar merek Toyota.

"Di Astra Internasional ada Astra World, ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pemilik kendaraan dalam kondisi emergency. Contoh seperti emergency road assistance (ERA) yang dilengkapi mobil gendong, di Astra World juga ada mekanik yang bisa handle Toyota dan Daihatsu, jadi kalau darurat bisa menggunakan layanan Astra World yang dinaungi Astra Internasional," ujar Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.