Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Ekspor Avanza Turun, Tren Dunia Pilih SUV

Kompas.com - 22/03/2019, 09:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan Toyota Avanza di dalam negeri tercatat sudah tembus angka 5.000-an unit per bulan. Toyota bahkan mengklaim pemesanan low MPV ini sudah mencapai 18.000 unit dari pertama kali diperkenalkan awal tahun.

Namun melihat catatan ekspornya, Avanza baru terkirim sebanyak 2.066 unit. Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono menjelaskan pergeseran minat kendaraan di pasar internasional jadi penyebab menurunnya angka ekspor Avanza.

“Selera konsumen itu sedang berubah. Bisa kita lihat dari market global seperti apa. Kalau dilihat dari angka juga ketahuan. Fortuner meningkat angkanya. Kalau saya lihat memang bergerak ke SUV arahnya,” ucap Warih.

Warih menolak bahwa permintaan ekspor yang menurun ini karena perubahan pada Avanza yang tergolong minim. Menurutnya hal tersebut lebih kepada penerimaan konsumen.

Baca juga: Toyota Bicara Rencana Ekspor ke Australia

“Sekarang orang bisa memilih lebih cenderung ke model tertentu. Itu saja,” ucap Warih.

Warih mengingatkan, Indonesia sebagai negara produsen juga harus memikirkan kesukaan negara-negara importir. Toyota sudah melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Timur Tengah, Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

“Jadi kita lihat keinginan mereka. Sekarang itu tren memang ke arah SUV. Kita tentu memikirkan produk apa yang pas,” ucap Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com