Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Era Mobil Listrik, Toyota Siapkan Investasi Baru

Kompas.com - 21/03/2019, 11:01 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif Indonesia tengah bergerak dalam perubahan menyambut era kendaraan listrik. Tidak kecuali Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengungkapkan era baru kendaraan listrik sudah pasti tiba di Indonesia, cepat maupun lambat. Lantas apa yang akan dilakukan Toyota pertama kali?

“Langkah pertama sudah pasti kita harus berdasarkan dari kebutuhan konsumen. Langkah kedua juga memikirkan eskpor,” ucap Warih saat ditemui Selasa (19/3/2019).

Menurut pandangan Warih, untuk kepraktisan, pemilihan produk kendaraan hybrid adalah yang paling tepat sebagai produk awal perkenalan di Tanah AIr. Meski Toyota juga terbuka jika dalam perjalanannya, konsumen justru tertarik dengan model lain.

Baca juga: Toyota Bicara Rencana Ekspor ke Australia

Warih mengungkapkan dalam menyambut era kendaraan listrik akan ada investasi baru yang dihadirkan. Untuk waktunya, ia enggan menyampaikan.

EV itu pasti investasi karena produk berubah harus ramah lingkungan. Semua peralatan produksi berubah. Supply chain, tidak semua tapi juga berubah. Itu baik Toyota maupun produsen lainnya sama, investasi,” ucap Warih.

“Investasi kan tidak hari ini langsung selesai. Yang jelas kita akan mendukung pemerintah pada 2025 mengisi 20 persen pasar dengan kendaraan listrik. Soal produk, pasti produk baru,” ucap Warih menutup perbincangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com