Menengok Pasar Nmax dan PCX Bekas

Kompas.com - 19/03/2019, 09:02 WIB
Motor skutik besar di pasar motor bekasKompas.com/Setyo Adi Motor skutik besar di pasar motor bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Model skutik bongsor belakangan menjadi pilihan warga perkotaan seperti di Jakarta. Selain mendapatkan dengan menghubungi diler motor baru, motor model ini juga bisa didapatkan dengan melirik diler motor bekas.

Yamaha Nmax jadi salah satu yang sampai saat ini diincar calon konsumen motor bekas. Motor yang pertama kali dikenalkan pada 2015 tersebut menjadi primadona calon konsumen di beberapa diler motor bekas.

“Nmax masih salah satu yang dicari. Belakangan juga motor ini selalu ada barangnya, ada yang jual. Jadinya antara permintaan dan barang tidak timpang,” ucap Husein dari HE Motor, Rawa Belong saat ditemui Senin (18/3/2019).

Hal yang sama juga diungkapkan pedagang motor bekas, Hendra dari Talenta Motor di kawasan Palmerah. Belakangan calon konsumen yang mencari Nmax meminta tahun produksi 2015 sampai 2017 yang cukup banyak peminat.

Menurut Hendra, Nmax model ini dicari karena sudah banyak yang familiar dengan desain, serta teknologi yang digunakan. Pembeli biasanya mencari untuk kebutuhan harian.

“Biasanya untuk harian ya. Bekerja atau antar anak. Cari motor bekas karena tahu yang model terbaru harganya cukup tinggi,” ucap Hendra.

Soal harga, untuk Nmax tahun 2015 biasanya dijual di angka Rp 17 juta-an, 2017 Rp 19 jutaan dan 2018 Rp 20 juta-an. Ini kembali lagi melihat kondisi unit motor yang ada.

Suzuki Pelajari Skutik 150 cc Pesaing PCX dan NMAX

PCX Bekas

Kondisi berbeda didapati untuk rival Nmax, yakni PCX. Motor bongsor ini terlihat jarang ada di pasaran motor bekas.

Ini juga dibenarkan para pedagang motor bekas yang ditemui Kompas.com. Menurut mereka untuk PCX memang barangnya jarang ada.

“PCX pernah jual, tapi sangat jarang. Lagipula orang masih banyaknya cari Nmax ketimbang PCX. Kalau yang paling baru, yang dikenalkan tahun lalu juga barangnya jarang,” ucap Husein.

Mneurut Hendra, jenis skutik besar memang barang yang tersedia cukup sedikit. Namun untuk PCX diperkirakan baru tahun kedua dari perilisan PCX rakitan lokal, barang akan ramai di pasaran motor bekas.

“Itu kan baru meluncur tahun lalu ya. Mungkin baru tahun depan barang akan banyak di pasar motor bekas. Yang sudah-sudah seperti itu karena melihat pemiliknya juga mungkin dia butuh dana atau cepat bosan, lalu dijual,” ucap Hendra.

Untuk harga bekasnya, PCX 2018 dibanderol mulai angka Rp 24 juta-an sampai Rp 26 jutaan. Kembali bergantung kondisi unit yang tersedia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X