Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Jokowi Tentang Ayahnya Seorang Pengemudi Truk

Kompas.com - 18/03/2019, 14:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan bagi para pengemudi truk untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara. Pesan ini disampaikan Jokowi ketika menghadiri Deklarasi Truk Sebagai Sopir Keselamatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (17/3/2019).

"Tadi sudah disampaikan dalam deklarasi (pengemudi truk) tetap utamakan keselamatan, patuhi rambu lalu lintas yang ada, bila mengantuk jangan mengemudi dan saya berpesan juga agar tidak mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan," ucap Jokowi dalam keterangan resmi Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (18/3/2019).

Jokowi juga mengatakan bila pengemudi truk merupakan profesi yang mulia. Karena dengan jasa mereka, masyarakat dapat menikmati barang-barang yang ada dengan mengantarkannya dari satu titik ke titik lainnya.

Baca juga: Jokowi Kasih Lampu Hijau Indonesia Gelar MotoGP di 2021

Bahkan Jokowi juga tidak sungkan mengungkapkan bila almarhum ayahnya dulu juga merupakan seorang pengemudi truk dan bus. Berkat jasa-jasa ayahnya, Jokowi mengakui bisa bersekolah.

Ratusan mobil truk berhenti menunggu selesainya pembatasan jam operasional truk di jalan raya Parung Panjang menuju Legok, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (10/01/2019). Pemerintah Kabupaten Tangerang membatasi jam operasional kendaraan jenis truk golongan 2 hingga truk golongan 5 yang membawa muatan material tanah dan pasir. Jenis-jenis kendaraan tersebut baru dapat melintas pukul 22.00-05.00 WIB.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Ratusan mobil truk berhenti menunggu selesainya pembatasan jam operasional truk di jalan raya Parung Panjang menuju Legok, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (10/01/2019). Pemerintah Kabupaten Tangerang membatasi jam operasional kendaraan jenis truk golongan 2 hingga truk golongan 5 yang membawa muatan material tanah dan pasir. Jenis-jenis kendaraan tersebut baru dapat melintas pukul 22.00-05.00 WIB.
Lebih lanjut, Jokowi juga mangatakan bula peran pengemudi truk sangat penting dalam menjaga stabilitas harga. Dengan ketepatan waktu distribusi yang diupayakan para sopir dalam mengantarkan barang, sangat berpengaruh dalam harga suatu barang.

"Silakan tanya warga Solo, almarhum bapak saya juga merupakan seorang pengemudi truk dan bus. Berkat dia saya dapat bersekolah. Banyak orang salah kaprah tentang perang penting pengemudi truk, para pengemudi juga ikut menjaga stabilitas harga yang ada di masyarakat. Untuk itu saya titip jangan ada pengemudi truk yang mogok bekerja itu nanti akan menjadikan stabilitas harga menjadi mahal dan kacau balau," ucap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com