Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Innova Peduli Sungai Musi

Kompas.com - 14/03/2019, 19:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas pengguna Toyota Innova yang tergabung dalam Innova Community (IC) menyelenggarakan ajang kopdar Sumatera 2019 pada 7 sampai 9 Maret lalu. Kopdar ketiga ini mengkonsentrasikan seluruh kegiatan di sekitaran sungai Musi, kota Palembang Sumatera Selatan.

Kegiatan ini diikuti 492 anggota IC beserta keluarga dari chapter IC Sumatera dan Jabodetabek. Tidak lupa mereka juga mengajak anggota komunitas lain untuk ikut bergabung dengan total 175 unit Innova.

Selama perjalan konvoi ke tujuan, anggota IC selalu mentaati peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan strobo, sirene dan patwal. Para peserta bergerak dan berkoordinasi menggunakan radio komunikasi agar tidak mengganggu hak pengguna jalan lainnya.

Kegiatan diisi oleh penyuluhan dari Basarnas mengenai kebencanaan dan aspek keselamatan. Terdapat juga kampanye keselamatan berkendara yang diikuti oleh seluruh peserta.

Baca juga: Innova Monster Pakai Mesin Supra

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, acara ini juga melakukan pelepasan 40.000 bibit ikan Belida yang dibawa khusus dari Sukabumi Jawa Barat untuk dilepas ke sungai Musi. Kegiatan lainnya adalah membagikan tempat sampah di sekitar kota Palembang.

"Kegiatan yang beragam ini sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kami dari Innova Community terhadap lingkungan dan pendidikan anak di INdonesia. Dengan adanya kopdar akbar Sumatera ini kami harapkan bisa mempererat hubungan persaudaraan antar anggta dan berguna bagi lintas komunias, masyarakat dan lingkungan," ucap Ketua Umum IC Pusat Nugraha Reza.

Acara ditutup dengan melanjutkan program literasi ke sekolah "Laskar Pelangi" Madrasah Banyuasin di desa Jejurung, Banyuasin. Madrasah ini didirikan pada 2009 dengan swadaya masyarakat setempat. IC memberikan sumbangan berupa buku pendidikan, alat tulis, peralatan sekolah dan ibadah, alat peraga dan alas untuk melapisi lantai tempat belajar mengajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com