Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ubahan Seperti Mobil Balap TTI, Toyota Siapkan TRD

Kompas.com - 14/03/2019, 11:31 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota baru saja memperkenalkan tim balap Toyota Team Indonesia dengan berbagai ubahan pada pebalap dan livery. Tim ini akan berlaga di berbagai ajang balapan di Indonesia dan Asia dengan menggunakan produk-produk Toyota seperti New Yaris, Agya, dan Fortuner.

Tidak kali ini saja Toyota memperlihatkan mobil-mobil balap tersebut pada masyarakat. Bagi penggemar mobil dengan performa tinggi, tentu penasaran kapan Toyota memberikan produk bercita rasa balap ini bisa dinikmati kalangan yang lebih luas.

Menanggapi pertanyaan ini, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan bahwa produk bernuansa sport itu sudah ditawarkan dalam varian aksesori Toyota Racing Development (TRD).

“Untuk produk-produk seperti itu (balap) sebenarnya sudah kita kembangkan dengan bendera TRD. Yaris TRD misalnya, tidak serta merta TAM membuat tanpa persetujuan tim TRD,” ucap Soerjo saat ditemui Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Toyota Berikan Sentuhan TRD untuk Hilux

Soal performa, Soerjo mengungkapkan saat ini ubahan versi TRD memang belum menyentuh ke arah mesin. Baru sekedar pada penampilan yang membuat lebih sporty.

Ini karena untuk menghadirkan produk dengan performa tinggi dan ditawarkan ke masyarakat luas, memerlukan proses studi yang lebih panjang. Penjualannya tidak dapat dilakukan secepat kilat.

“Untuk produk performa, kami masih studi. Kami melihat ada permintaan konsumen untuk yang performa. Kalau kami lihat, penggemar otomotif Indonesia itu unik, ada yang suka tampilan luar sporty ada yang suka mobilnya lebih kencang. Misal ada yang suka dalamnya, seperti tempat duduk racing dan segala macam,” ucap Soerjo.

Soerjo juga mengungkapkan jika ada yang ingin memodifikasi tampilan mobilnya dengan livery tim TTI saat ini, Toyota masih melakukan studi apakah akan menghadirkan aksesori stiker. Saat ini untuk mobil dengan tampilan performa, Toyota masih mempercayakan pada TRD karena desainnya dinilai cocok untuk konsumen Indonesia.

Baca juga: Toyota Tak Masalah Bila LCGC Kena Tambahan Pajak

Bicara mengenai produk balap, mobil yang digunakan TTI untuk berkompetisi seluruhnya dikembangkan oleh tim TRD. Soerjo mengungkapkan semua biaya dikeluarkan oleh TRD.

“Bayangkan harga Yaris, kalau disiapkan tiga mobil saja, itu harganya sudah ketahuan. Kemudian mobil dirancang ulang dan dimodifikasi untuk tenaga dan segala macamnya. Yang jelas bisa di atas Rp 1 miliar,” ucap Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com