Apresiasi Dorna pada Konsep Sirkuit Jalanan MotoGP Indonesia

Kompas.com - 13/03/2019, 08:22 WIB
Denah lokasi tribun utama sirkuit Mandalika di kawasan KEK Mandalika, Kuta Lombok, Lombok Tengah, dilihat menggunakan drone, Sabtu (23/2/2019). Dok. ITDC Denah lokasi tribun utama sirkuit Mandalika di kawasan KEK Mandalika, Kuta Lombok, Lombok Tengah, dilihat menggunakan drone, Sabtu (23/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia masuk dalam kalender MotoGP pada 2021-2023. Secara tema Sirkuit, jelas berbeda di antara negara lain, karena mengusung konsep Sirkuit jalan raya yang berada di kawasan wisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer, promotor MotoGP, yaitu Dorna Sport tidak masalah dengan konsep tersebut. Justru senang, karena dinilai berbeda dengan negara lain.

"Maka dari itu konsepnya masih Sirkuit Jalan raya yang berada di kawasan Mandalika, yang didesain sesuai dengan standarisasi dari Dorna," ujar Abdulbar ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (12/3/2019).

Langkah selanjutnya, selain merampungkan Sirkuit itu yang akan dilakukan dalam waktu dekat, yaitu bertemu dengan sejumlah pihak terkait untuk membicarakan mengenai teknis, agar sesuai dengan standarisasi internasional.

Baca juga: Dorna Rapat Bareng Jokowi Bahas Kesiapan MotoGP

"Jadi pembahasan mengenai teknis Sirkuit, dan infrastruktur pendukung lainnya. Kita akan lakukan dalam waktu dekat ini," kata Abdulbar.

Abdulbar melanjutkan, pada intinya Dorna Sport pun cukup antusias kepada Indonesia mengingat penggemar MotoGP di Tanah Air ini begitu besar. Oleh sebab itu, berhasil mendapatkan slot untuk menjadi salah satu tuan rumah pada 2021-2023.

"Setelah bertemu dengan presiden, kami menjadi lebih optimistis lagi. Apalagi CEO Dorna Sport juga sudah bertemu kemarin itu, dan tanggapannya begitu positif semuanya," kata dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X