Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renault Tidak Mau Salah Strategi Lagi di Indonesia

Kompas.com - 11/03/2019, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Renault Indonesia yang kini dipegang oleh Maxindo Renault Indonesia, punya rencana yang lebih agresif ketimbang agen pemegang merek (APM) sebelumnya. Langkah awal sudahh dibuktikan dengan menambah jaringan penjualan, secara total mencapai 20 outlet di beberapa kota besar.

Selain itu, produk yang akan dijual di pasar otomotif nasional juga dipastikan lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik masyarakat Indonesia. Merek otomotif asal Perancis itu pun akan membawa MPV 7-penumpang ke Tanah Air.

Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan, mengatakan, perusahaan tidak ingin mengambil langkah yang salah lagi. Oleh sebab itu, penempatan produk hingga jaringan penjualan perlu dipikirkan secara matang.

"Jadi seperti varian, itu pun akan kami sediakan dengan komplet, da tentunya sesuai dengan konsumen di Indonesia," kata Davy belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Renault Indonesia Buka Suara Terkait Produksi Lokal

Sebagai contoh, varian transmisi pada mobil serta pilihan mesin yang seharusnya tersedia matik hingga mesin bensin dan juga diesel. Sebab, Kwid misalnya tidak bisa dijual hanya mengandalkan transmisi manual saja, tetapi harus ada matiknya.

- -

"Kalau tidak ada matiknya bagaimana mau laris, terutama di kota-kota besar. Belum lagi misalnya pilihan mesin bensin, jangan hanya diesel saja yang dijual atau sebaliknya, jadi harus lebih beragam," ujar Davy.

Paling penting, kata Davy komitmen perusahaan juga menunjang kesuksesan suatu merek, karena konsumen menilai tidak akan ragu ketika membeli mobil tersebut.

"Apalagi kami nanti akan melakukan perakitan lokal di Indonesia. Itu juga sebagai bentuk keseriusan kami di Indonesia, dan kami ingin tidak seperti dulu lagi," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com