Test Drive Wuling Almaz

Mencoba Kelincahan dan Stabilitas Wuling Almaz di Rute Jakarta-Ciletuh

Kompas.com - 11/03/2019, 07:22 WIB
Wuling Almaz mantap menjejak aspal saat berakselerasi kencangwuling motors Wuling Almaz mantap menjejak aspal saat berakselerasi kencang

Sukabumi, KOMPAS.com - Ada hal menarik dan cukup mencuri perhatian awak redaksi saat melakukan tes Wuling Almaz di rute Jakarta - Ciletuh - Bandung, 6-8 Maret 2019 lalu.

Banyak karakter jalan yang ditemui selama melakukan tes sejauh 462 km tersebut. Faktor stabilitas yang dimiliki SUV 5 penumpang ini tergolong baik, bahkan bisa diandalkan.

Saat melahap tikungan tajam dan juga manuver ringan Almaz mampu memberikan performa yang baik. Gejala negatif seperti limbung dan pergeseran bodi (body roll) saat menikung sangat minim terasa.

Baca juga: Wuling Belum Mau Lepas Almaz 7-Penumpang

Begitu pula saat melaju cepat di jalan tol, stabilitas Almaz pun terbilang baik. Hal tersebut tak lepas dari pemilihan material yang baik pada suspensi tipe mcpherson strut (depan) dan multi-link trapezoidal independent (belakang).

Test drive Wuling Almaz dari Jakarta menuju Ciletuh, Sukabumi, 6-8 Maret 2019wuling motors Test drive Wuling Almaz dari Jakarta menuju Ciletuh, Sukabumi, 6-8 Maret 2019

Kelebihan pengendalian tersebut ternyata punya efek lain dalam hal kenyamanan. Ayunan suspensi terasa agak keras untuk ukuran mobil kebanyakan.

Namun jika dibandingkan dengan mobil berkarakter SUV lainnya, ayunan yang dimiliki Almaz tergolong moderat. Karakter suspensi yang dimiliki hampir mirip dengan Honda HR-V atau Jazz.

Baca juga: Wuling Almaz Versus CR-V Turbo dan DFSK Glory 580

Kompromi antara stabilitas dan kenyamanan pada Almaz ini terbilang pas. Hal tersebut juga ditunjang dengan penggunaan ban dengan profil ketebalan 60. Jadi, saat melintas di jalan rusak, efek suara atau entakan akibat benturan ban dengan permukaan lubang tidak begitu terasa dari kabin.

Wuling Almaz cukup andal ketika melahap lintasan menanjak dan menikungwuling motors Wuling Almaz cukup andal ketika melahap lintasan menanjak dan menikung

Kesimpulan

Bagi pengguna MPV bisa jadi akan merasakan ayunan suspensi yang agak keras. Namun bagi mereka yang terbiasa dengan karakter SUV hal ini bukan jadi masalah.

Paling impresif adalah stabilitas yang dihasilkan oleh Almaz untuk melakukan manuver.

Harga Rp 318,8 juta
Dimensi (P/L/T) 4.655mm/1.835mm/1.760mm
Jarak sumbu roda 2.750mm
Kapasitas penumpang 5 orang
Mesin 4 silinder, DOHC, DVVT, turbo
Tenaga 140 tk
Torsi 250 Nm
Transmisi CVT 8 percepatan
Kapasitas tangki 52 liter
Suspensi  depan : mcpherson strut
  belakang : multi-link, trapezoidal independent
Rem (depan/belakang) cakram/cakram, ABS, EBD
Ban 215/60/R17


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X