Masalah Ban Alasan Rossi Tercecer di Qatar

Kompas.com - 10/03/2019, 09:06 WIB
Rossi di tes pra musim MotoGP 2019 TwitterRossi di tes pra musim MotoGP 2019

LOSAIL, KOMPAS.com - Hasil buruk dialami pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. Pebalap Italia tersebut harus memulai balapan di posisi ke 14 pada seri perdana MotoGP 2019, Losail, Qatar, Minggu (10/3/2019). 

Berbeda dengan hasil yang didapat rekannya, Maverick Vinales yang berada di tempat terdepan, Rossi mendapatkan kesulitan setelah ia mencatatkan waktu di luar 10 besar pada latihan bebas kedua. Masalah yang dihadapi juara dunia tujuh kali ini adalah ban depan yang cepat terkikis.

“Saya mendapatkan masalah yang sama hari ini (kualifikasi) karena di siang hari saya juga punya masalah di ban depan. Jadi saya mencatatkan waktu yang tidak terlalu cepat,” ucap Rossi dikutip dari Crash.net, Minggu (10/3/2019).

Rossi mengungkapkan dirinya tidak mendapatkan cara berkendara terbaik karena masalah di depan. Ia merasa merusak permukaan ban cukup cepat yang membuat dirinya kesulitan untuk berkompetisi di depan.

Baca juga: Vinales Start Pertama di GP Qatar, Rossi dan Lorenzo Tercecer

Dalam upayanya mencoba menjadi terdepan ini, Rossi sudah menggunakan dua jenis perangkat sayap depan. Ini membuatnya tidak bisa mendapatkan pembaruan lagi selama musim 2019 yang membatasi pembaruan perangkat aerodinamis tersebut sebanyak satu kali.

“Ini karena Vinales merasakan dampak positif pada sayap tersebut, juga dengan Quartararo dan Franco (Morbidelli) yang menggunakan sayap normal. Tapi saya merasa tidak ada banyak perbedaan,” ucap Rossi.

Rossi kemudian menyarankan untuk menggunakan sayap aero model lama. Ini karena ia merasa masalah yang dihadapinya adalah adaptasi yang belum sempurna di atas motor 2019.

Selain hasil baik Vinales di posisi terdepan, pebalap Yamaha lainnya seperti Quartararo berada di posisi kelima dan Morbidelli di tempat kedelapan. Ini membuat Rossi harus bekerja keras di balapan hari Minggu ini.

 



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X