Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Masih Pertahankan Ignis Berstatus Impor dari India

Kompas.com - 05/03/2019, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Suzuki untuk melakukan produksi lokal Ignis sudah terdengar sejak 2017. Namun sampai sekarang belum juga terlaksana, sehingga mobil kota (city car) tersebut masih berstatus impor utuh (completely buid-up/CBU) dari India.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, perusahaan juga masih minta kepada prinsipal agar model tersebut bisa dirakit lokal. Suzuki, kata dia tidak bisa juga terlalu berharap pada skema impor.

"Karena kalau sudah diproduksi lokal jelas akan lebih menguntungkan, bukan untuk lokal saja tetapi kan kami juga bisa melakukan kegiatan ekspor," kata Setiawan ketika berbincang dengan Kompas.com di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

Di temui di tempat sama, Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra menambahkan, bukan serta merta dengan penjualan sudah cukup bagus model tersebut bisa langsung dirakit lokal. Faktornya banyak, termasuk masalah strategi yang diterapkan oleh prinsipal.

Baca juga: Siapkan Versi Facelift, Suzuki Tahan Produksi Ignis

"Jadi kami tetap usahakan agar Ignis bisa diproduksi di Indonesi, namun waktunya kapan kami juga belum tahu, tergantung dari prinsipal tentunya yang memiliki kewenangan," ucap Donny.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis Suzuki, sepanjang 2018 Ignis terjual sebanyak 13.802 unit. Bahkan diklaim menjadi raja city car di pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar 45,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com