Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pastikan Produksi Civic Berlanjut

Kompas.com - 02/03/2019, 14:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, Honda mengumumkan akan menutup fasilitas pabrik Civic Type R di Inggris pada 2021 mendatang. Langkah tersebut diambil sebagai bagian untuk membantu percepatan komitmen Honda dalam membangun mobil listrik.

Namun, dengan keputusan itu bukan berarti produksi Civic Type R stop, karena Honda telah memastikan tetap akan melanjutkan produksi. Hanya saja basis produksinya dipindah ke Amerika Serikat.

Honda Chief Executive Takahiro Hachigo, menjelaskan, Honda tetap memproduksi Civic dengan memindahkan pabrik ke suatu wilayah di Amerika Utara.

Baca juga: Honda Tutup Pabrik Civic Type R

"Mengingat upaya kami untuk mengoptimalkan alokasi dan kapasitas produksi pada skala global, kami telah menyimpulkan untuk akan memproduksi Civic di Amerika Utara," ucap Hachigo yang disitat dari Carscoops.com, Sabtu (2/3/2019).

Ilustrasi pabrik Honda Civic Ilustrasi pabrik Honda Civic
Namun demikian, Hachigo belum memberikan informasi lebih lajut mengenai letak pabrik baru Civic yang akan dibangun di Amerika Utara. Begitu juga mengenai kapasitas produksi serta untuk pasar mana saja nantinya.

Sebelumnya, pabrik Civic di Inggris telah memproduksi 150.000 unit per tahun. Namun jumlah tersebut dianggap tidak maksimal mengingat target awalnya adalah 250.000 per tahun. Masalah lain adalah dengan penutupan pabrik di Inggris, otomatis akan membuat ribuan karyawannya menjadi pengganguran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com