Impresi Mobilio, Rasa Lama Polesan Baru

Kompas.com - 02/03/2019, 07:02 WIB
Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak media untuk merasakan kembali Honda Mobilio 2019. Meski sudah mendapat penyegaran, namun secara keseluruhan, sentuhannya sangat minimalis bahkan sekilas nampak tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya.

Sesi kencan singkat Mobilio dilakukan hanya di area Jakarta, sementara unit yang digunakan adalah Tipe E yang diklaim menjadi varian terlaris di keluarga MPV sejuta umat tersebut. Karena minim dengan ubahan, kesempatan menjajal Mobilio 2019 lebih ditekankan untuk merasakan sistem audio baru sekaligus menguji kembali sisi efesiensi bahan bakarnya

Honda membenamkan perangkat Resistive Touchscreen Display Audio berdimensi 6,2 inci baru untuk memanjakan penumpangnya. Piranti audio baru ini sudah terintegrasi dengan Bluetooth yang memungkinkan melakukan pairing dengan ponsel, otomatis hal tersebut juga membuat pengendara mudah mengakses saat ada panggilan karena sudah mendukung fitur hands free telephone.

Baca juga: Simak Detail Penyegaran Minim Honda Mobilio 2019

Menariknya, saat redaksi menjajal bersama dua rekan media lainnya, ternyata sistem audio tersebut sudah mendukung fitur rear camera. Aksesnya bukan hanya sekadar aktif ketika sedang parkir mundur, tapi bisa digunakan kapapun yang membuat pemilik lebih mudah memantau kondisi belakang mobil.

Selebihnya, tidak ada yang spesial lagi dari sisi interiornya. Semua masih sama dengan model sebelumnya, hanya saja Honda berupaya untuk menyegarkan suasana dengan menyematkan permainan dua warna, yakni black dan ivory pada bagian dasbor dan lapisan joknya.

Audio baru Honda Mobilio 2019 Audio baru Honda Mobilio 2019

Untuk tampilan, Honda mempermanis eksterior dengan projector headlamp baru lengkap dengan LED daytime running light. Desainya dibuat lebih sporty melalui aplikasi spoiler di bagian depan, samping, dan belakang, terakhir pelek berdimensi 15 inci two tone alloy wheel ikut disematkan.

Konsumsi BBM

Menempuh jarak sekitar 65,8 km, mulai dari Cilandak Town Squere, BSD, Pantai Indah Kapuk, dan finish di Taman Impian Jaya Ancol, dari panel meter, total konsumsi bahan bakar yang redaksi dapatkan mencapai 19,2 kpl. Artinya, untuk menempuh jarak 19,2 km, Mobilio Tipe E bertransmisi CVT yang redaksi kendarai hanya menghabiskan satu liter bensin.

Hasil konsumsi BBM Mobilio 2019 Hasil konsumsi BBM Mobilio 2019
Baca juga: Tanpa Start-Stop Engine, Mobilio Sindir Rival Lewat CVT

Kondisi ini redaksi tempuh dengan berkendara tidak melebihi 60 kpj via tol. Sedangkan kondisi lalu lintas bervariasi, dari mulai senggang hingga benar-benar padat yang berkali-kali membuat pola berkendara harus stop n go.

Memang kali ini, Honda melakukan ajang irit-iritan konsumsi BBM. Dari seluruh perserta yang mengikuti media test drive Honda Mobilio 2019, hasilnya beragam. Paling efisien berhasil menyentuh 21,6 kpl.

Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019
Bicara soal performa tak perlu disinggung lagi, karena benar-benar tak ada ubahan apapun dari sektor mesin. Mobilio masih menggunakan mesin i-VTEC 1.5L yang mampu mengantarkan tenaga sebesar 116 tk.




Close Ads X