Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Almaz Diharapkan Dongkrak Takhta Wuling di Indonesia

Kompas.com - 28/02/2019, 15:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa penjualan Wuling di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun, terbilang cukup positif. Merek otomotif asal China itu berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah masuk 10 merek terlaris.

Apabila digabungkan dengan merek komersial, Wuling menduduki peringkat ke-9, sementara jika pabrikan mobil penumpang saja, becokol di urutan ke-6.

Secara wholesales sepanjang 2018 mencapai 17.002 unit, sedangkan retail sales 15.162 unit. Pencapaian itu ditopang oleh tiga model, yakni Confero, Cortez, dan Formo.

Lantas, dengan ada Almaz yang mengisi pasar di segmen sport utility vehicle (SUV) medium diharapkan bisa meningkatkan posisi tersebut.

Baca juga: Wuling Tak Mau "Perang" dengan Merek Jepang

"Kami memang tidak menargetkan harus terjual berapa unit, karena sedang fokus dulu mengembangkan jaringan. Kalau itu sudah terpenuhi maka kami percaya hasil penjulan pun mengikuti secara positif," ujar Yedi Yonadi Sondi, Sales Director Wuling Motors di kawasan Jakarta Selatan belum lama ini.

Wuling Cortez 1.8L modifikasi.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wuling Cortez 1.8L modifikasi.

Sejak pertama hadir di Indonesia pada 2016 sampai sekarang sudah memiliki 92 diler, dan target hingga akhir tahun ini diharapkan tembus 120 outlet di seluruh Tanah Air.

"Penerimaan Almaz juga menurut kami sangat luar biasa, di awal dalam satu bulan saja sudah lebih dari 1.000 unit. Kami merasa cukup percaya diri pada model ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com